Friday, April 7, 2017

Air Duct Damper pada heating cooling HVAC

Salah satu sasaran yang perlu untuk langkah saving energy adalah dengan mengatur pemakain energy pada pengelolaan mesin heating dan cooling. Dan salah satu cara untuk melakukan saving energy pada tersebut adalah dengan menggunakan perangkat kontrol electronic yang bertugas mengendalian temperature, dan pengaturan air duct damper pada saluran ducting. Electronic controller pada air duct damping mengatur pembukaan dan penutupan air damper terhadap ruangan-ruangan tertentu yaitu dengan membatasi udara panas dan dingin dalam saluran ducting. Pertukaran aliran udara panas dan dingin itulah yang dipergunakan untuk melakukan saving energy dengan biaya lebih murah jika dibanding dengan cara heating dan cooling terpisah. Dengan menggunakan beberapa  air duct damper kita dapat melakukan pengaturan temperatur secara electronic.



Building automation merupakan solusi otomatisasi dengan salah satu tujuannya adalah melakukan effisiensi energy. Penggunaan motor  pada air duct damper memungkinkan pengaturan posisi motor sesuai dengan level temperatur yang terukur. Yaitu melalui sistem pengontrolan dengan menggunakan pengontrol electronic dimana perintah volume buka tutup damper sebanding dengan level temperatur dalam ruangan yang terukur. Sistem pengendalian motor damper bisa dikendalikan secara terintegrasi dalam building automation.


Prinsip Kerja Pengendalian Zona Damper 
Sebuah pengontrol damper biasanya merupakan sebuah microcontroller yang ditambahkan pada panel pengendali pusat dengan beberapa terminal input dan output seperti sensor temperatur, mesin heating cooling, air duct damper sebagai pengendali volume udara yang dialirkan. Electronic controller menerima besaran analog temperatur dan mengolahnya sebagai parameter pengendali yang mengatur waktu kerja mesin heating serta mengatur level pergerakan air duct damper. Pengaturan ini berlangsung secara terprogram melalui penggunaan microcontroller yang sudah diprogram.


.

Unit microcontroller ini biasanya terintegrasi dengan unit-unit lain seperti penggunaan komputer sebagai unit pengendali pusat yang akan mengontrol seluruh unit-unit untuk mendapatkan penurunan pemborosan energy. Pengendalian dengan prinsip monitoring seluruh unit dalam mesin heating dan cooling secara menyeluruh sering menjadi bagian penting dari building automation system.

beberapa produk air duct damper dibuat dengan bervariasi sesuai dengan actuator yang diinginkan. Berikut air duct damper dengan berbagai macam actuator ,


  • field control vent damper motor 
  • damper motorized
  • motorized zone control spring return
  • motorized large rectangular damper
  • field control gas vent damper
  • motorized electric zone control
  • statis pressure regulating round damper
  • linier pneumatic damper
  • gas vent damper
  • round balancing damper
  • greenheck damper
  • spring return damper

semoga bermanfaat !!!

Air Duct Damper pada heating cooling HVACSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: