Sunday, July 14, 2013

Kontrol Sistem Osmosis Ulang Air Laut dan Tawar

http://alfaperkasaengineering.com/programplc.htm 

Instalasi Reverse Osmosis pengolahan air mentah menjadi air minum merupakan teknologi baru dengan bantuan membran dan teknologi osmosis merupakan instalasi dengan kemudahan proses dan effisiensi proses produksi. Dengan penggunaan instalasi berteknologi ozon, proses pemurnian air menjadi lebih higienis dan sangat murah serta membutuhkan area yang lebih kecil dengan peralatan yang portable. 



Instalasi Reverse Osmosis sangat sederhana dibandingkan dengan proses penyulingan dimana proses pemisahan air hanya dilakukan dengan melakukan proses filtrasi dengan mengukur perbedaan tekanan yang menggunakan membran semi permeable saja. 

Teknologi Reverse Osmosis merupakan proses pemurnian dari beberapa sumber air seperti air laut, air sungai  sebagai sumber bahan baku yang kemudian diproses melalui beberapa tahap proses antara lain proses filtration, back washing dan proses washing. Dengan menggunakan teknologi ozonisasi bakteri dan kuman telah dimatikan untuk menjamin minuman yang higienis.

Keunggulan Inovasi Teknologi Osmosis 



Meskipun teknologi osmosis tergolong mahal untuk sebagian kalangan namun teknologi ini mempunyai keunggulan dalam beberapa hal termasuk :
1. Tidak menimbulkan polusi udara karena bekerja sepenuhnya dengan prinsip energi matahari dalam proses pemurnian air. 
2. Tidak menimbulkan polusi air sebagai efek proses pemurnian dengan sistem lama.
3. Dapat ditempatkan didaerah daerah terpencil dan hanya membutuhkan tempat yang kecil seperti untuk unit Rumah Sakit dan Perhotelan atau Gedung Bertingkat.
4. Kemampuan operasional yang handal.

Investasi Teknologi Osmosis ( R.O ).
Teknologi osmosis sebenarnya telah banyak dipergunakan untuk berbagai aplikasi mengingat keterbatasan kebutuhan air bersih seperti sekarang ini. Beberapa pertimbangan investasi dari kasus lapangan dan sedikit browsing internet bisa dirangkum sebagai alternatif pemilihan investasi.

1. Instalasi membran semipermiable sudah dapat diproduksi secara lokal. Tidak seperti awalnya membran semi permeable  ini hanya diproduksi oleh negara-negara maju. Mengingat jantung dari instalasi sistem RO adalah terletak pada teknologi membran, maka harga investasi awal akan lebih murah.


2. Pabrikasi dan instalasi pretreatment dan filter sudah bisa digantikan dengan pabrikasi lokal. Air sungai, air laut  sebelum masuk pada unit RO akan diolah terlebih dahulu dengan tujuan bebas keruh / kotor, tidak boleh berwarna, tidak berbau, mempunyai kandungan zat besi / mangan kurang dari 0.01 ppm, kandungan garam dan tidak lebih dari 1 ppm mempunyai peranan penting. Pemilihan produk lokal juga memperkecil biaya investasi awal.
3. Pabrikasi Media pemurnian air. Media filter sangat diperlukan sebagai media penyaringan, pemisahan air dengan kandungan yang tidak diinginkan. Media ini biasanya terdiri dari pasir silika, mangan aktif, dan karbon aktif. Teknologi ini sudah  dapat dengan mudah mendapatkannya di pasaran. 

Instalasi dan pemrograman  

http://alfaperkasaengineering.com/programplc.htm 
Instalasi Reverse osmosis menggunakan teknologi filter dengan tekanan tinggi sehingga dipersiapkan sebuah inverter yang berfungsi mengatur kecepatan motor. Dengan motor listrik kecepatan tinggi maka sensor pressure akan bekerja untuk proses penjernihan air secara maksimal dengan cara menekan aliran air pada filter.  Pada layar monitor kecepatan motor dapat diset sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.              
Artikel terkait instalasi sistem osmosis di Indonesia :

Kontrol Sistem Osmosis Ulang Air Laut dan TawarSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: