Sunday, August 17, 2014

Sistem Monitoring Lingkungan

Sistem monitoring lingkunganatau sistem pemantauan lingkungan berfungi sebagai sistem kendali monitoring beberapa parameter lingkungan seperti temperatur, humidity, kadar CO2, dan kadar lainnya yang dilakukan baik secara lokal ataupun jarak jauh / telemetry. Sistem ini banyak diterapkan di ruang data center, ruang tegangan tinggi, atau ruangan dengan resiko pencemaran yang berdampak terhadap mesin atau perseorangan.

Batas toleransi kondisi lingkungan menjadi penting mengingat dampak buruk seperti :
1. rusaknya peralatan data center, mesin chiller, trafo tegangan tinggi dan sebaginya
2. Menurunya kinerja peralatan mesin
3. mempercepat kemungkinan timbulnya shutdown pada power suplai ruang komputer, naiknya temperatur ruang trafo, genset, pencemaran udara ruang yang meninggi.
4. Menurunnya kesehatan lingkungan akibat kadar pencemaran CO2 atau lainnya.

Oleh karena itu, lengkah penting untuk mengontrol kondisi lingkungan tersebut adalah dengan membuatkan modul perangkat kontrol lingkungan yang secara otomatis mengetahui secara dini kondisi lingkungan.  Yaitu dengan memasang sensor temperatur dan humidity, sensor CO2, ke dalam area lingkungan yang dikendalikan secara otomatis dan menghasilkan informasi data berupa sinyal alarm secara langsung, pengiriman sms, atau email dan data logger ke pusat informasi kendali. Informasi ini bisa dipakai sebagai basis data informasi pengendalian dampak lingkungan untuk diambil tindakan pencegahan.
Semoga bermanfaat !!!

Sistem Monitoring Lingkungan SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: