Wednesday, May 29, 2013

Sistem Informasi Data Jarak Jauh

      
Satu lagi hal penting dalam instalasi sistem monitoring dan kontrol jarak jauh yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan monitoring dan kontrol system baik berupa data level, tekanan, temperatur baik dalam suatu kerja unit system ataupun sebuah proses pengukuran adalah dengan diperlukannya perangkat yang mempunyai beberapa spesifikasi berikut :
  • pendataan perangkat sistem output dan output
  • sistem komunikasi data yang digunakan
  • konfigurasi sistem instalasi perangkat yang dibutuhkan
         Data input yang hendak dimonitor dapat berupa perangkat digital ataupun perangkat analog. Data yang akan diolah membutuhkan sensor analog dan digital tergantung aplikasinya.  Data ini kemudian akan diolah oleh modul pengontrol dan ditampilkan dalam monitor baik lokal atau terkoneksi secara jaringan. Instalasi pengontrolan dengan jarak yang jauh dari sistem yang akan diamati akan membutuhkan media komunikasi yang bisa melalui beberapa alternatif  baik secara  Bounded Transmitted Media atau Unbounded Transmitted Media.Apa itu ?

         Komunikasi secara Bounded Transmitted  - menggunakan kabel sebagai media transmisi data maupun komunikasi antar user dalam jaringan komunikasi. Biasanya dipakai untuk komunikasi data dalam jaringan dari satu lokasi pengukuran data ke unit lokasi pengukuran data lainnya. Sedangkan  komunikasi secara Unbounded Transmitted dapat menggunakan media satelit atau dengan gelombang mikro.

  •  Satelit - Penggunaan satelit sebagai media transmisi merupakan pilihan yang tepat untuk sistem monitoring dengan kapasitas besar, karena akses pengiriman data yang cepat sebesar 512 kbps,yang dimanfaatkan untuk akses internet dan kanal voice. Link satelit ini menghubungkan antara area lapangan yang dimonitor dengan Indosat atau Telecom yang bertindak sebagai ISP (Internet Service Provider). Ada dua sistem dalam menggunakan satelit sebagai media transmisi yaitu sistem VSAT (Very Small Aparture Terminal) yaitu pengiriman data melalui satelit tetapi tidak langsung ditujukan ke target, melainkan harus melewati stasiun bumi terlebih dahulu, kemudian dari statiun bumi ditransmisikan oleh satelit target. Dan sistem yang kedua adalah sistem point to point. Sistem ini mentransmisikan data melalui satelit langsung ke target tanpa melewati stasiun bumi.

  •  Radio Link/Microwave (Gelombang Mikro) - Untuk transmisi data dari area lapangan dengan area sekitar atau sebaliknya  dapat menggunakan gelombang mikro.  Alat ini digunakan dengan memanfaatkan  pemancar dan penerima gelombang mikro yang digunakan untuk hubungan telepon.

     
 Konfigurasi sistem:

      Instalasi sistem komunikasi jarah jauh terdiri atas beberapa jenis media komunikasi yang mendukung baik komunikasi data analog ( suara, tegangan, tekanan, temperatur, maupun gambar ) dan membutuhkan ketepatan, kecepatan serta keamanan dalam penyampaian data. Agar komunikasi  jaringan yang terkoneksi dan terintegrasi bekerja dengan baik, maka dibutuhkan komponen-komponen jaringan.

1. Hardware 


  •  Sensor - merupakan perangkat yang menerima data pengukuran dari lapangan baik data digital maupun analog untuk diteruskan melalui media komunikasi dan diteruskan ke alamat pengontrolan jarak jauh. Perangkat ini biasanya memiliki perangkat komunikasi yang memanfaatkan gelombang radio atau satelit atau fiber optic disesuaikan dengan kondisi sistem komunikasi yang tersedia dan sifat pengukurannya.
 
  •  SwitchPengertian Switch merupakan perangkat penghubung internal jaringan dimana setiap PC dalam workstation saling berhubungan dengan mengkoneksikan nodenya ke switch.
  •  Network Interface Card (NIC)  -  NIC atau kartu penghubung jaringan adalah hardware yang secara fisik dihubungkan ke jaringan, dipasang sebagai penghubung antara workstation, PC dengan file server. Alat ini berfungsi sebagai mesin protokol yang mengatur aktifitas komunikasi. Pada setiap NIC terdapat port sebagai tempat menghubungkan kabel ke jaringan.
  • Hub(Access/One)   - hub digunakan untuk menghubungkan beberapa node ke backbone sedemikian rupa sehingga semua node tersebut dapat menggunakan backbone secara bersamaan untuk melakukan hubungan atau komunikasi dengan sistem komputer lain.
  • Peralatan Internetworking - Adapun peralatan internetworking yang digunakan untuk jaringan bisa meliputi router dan gateway.  Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket data dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN), sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yamg ada pada network yang lain. 
  •  Gateway
            Gateway berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan jaringan yang lain yang tidak sejenis. Pada dasarnya gateway mengubah protokol yang digunakan oleh satu jenis jaringan ke protokol yang digunakan oleh jenis jaringan yang lain.

2. Software 
           Untuk menjalankan jaringan tidak cukup hanya dengan menggunakan hardware yang berperan, tetapi software juga memegang peranan penting. Fungsi software ini adalah untuk mengatur kerja hardware dalam melaksanakan prosedur-prosedur, menjalankan perintah-perintah dan mengontrol kerja hardware, sehingga dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya. Biasanya  menggunakan sistem operasi yaitu berupa Windows baik untuk server atau  yang digunakan oleh workstation.
           
Semoga bermanfaat !!!
Sistem Informasi Data Jarak JauhSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: