Thursday, July 12, 2012

Perawatan Sistem Pemadam Kebakaran Gedung Bertingkat


Perawatan sistem pemadam kebakaran merupakan hal penting dan utama dalam mempertahankan keamanan dari resiko kebakaran yang kadang terjadi tanpa diketahui. Pemanfaatan sistem hydrant gedung bertingkat menjadi kendala bagi beberapa pihak akan menjadi masalah panjang ketika sistem pengendali ( baik elektronik ataupun instrumentasi ) tidak mampu lagi memberikan informasi cepat terhadap gangguan yang terjadi.

Penggunaan sistem MCFA baik addressable ataupun semi dan konvensional akan menjadi pekerjaan yang tidak mudah dan menjadi masalah apabila tidak memahami persoalan sistem pengendalian yang berbasis teknologi microcontroller atau microchips. Sebut saja salah satu merk / brand MCFA yang pernah dipasang. Tidak dipungkiri persoalan perawatan sistem teknologi ini menjadi terabaikan karena minimnya jumlah praktisi yang mendalami sistem pemrograman microcontroller.  Problem kerusakan sistem kontrol MCFA seakan sulit terselesaikan kecuali mengambil langkah sederhana dengan mengganti yang baru. Namun persoalan tidak hanya sekedar mengganti MCFA saja, perbaikan kerusakan MCFA dan pendukungnya kadang tidak hanya sekedar mengganti MCFA saja tetapi pada pengecekan kondisi sistem jaringan zona sensor.

Perawatan sistem Pemadam kebakaran sebenarnya merupakan kegiatan yang menyeluruh dari persoalan sistem pompa hidrant dan sistem kontrol fire alarm yang merupakan sensor pertama yang menggerakkan pompa secara otomatis. Untuk mendapatkan kedua bagian ini perlu perencanaan yang berkesinambungan dalam hal sistem deteksi dan sistem pompa. Dan modal untuk itu adalah menjadi tanggung jawab pengelola gedung atau teknisi berwenang.

Hal yang sangat perlu untuk perawatan ini bisa meliputi beberapa tindakan berikut .. ( saya ambil dari kasus lapangan yang sering ditemui )


  • perawatan sensor heat dan smoke. 
  • perawatan flow switch sprinkler. Flow switch menjadi sangat penting sebagai detektor awal sebelum electrical pump bekerja. Ketidakbaikan kondisi contact point flow switch menjadi pemicu tidak bekerjanya pompa. Alangkah baiknya jika secepatnya melakukan perbaikan. 

  • pressure switch. Pressure switch dalam system pompa hydrant juga sebagai input penting untuk mengendalikan tekanan pipa pada range kerja yang telah dipasang. Setidaknya ada 4 unit pressure switch untuk header, jockey pump, electrical motor pump dan diesel pump. Pressure switch tidaklah bisa dipastikan secara visual apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Apalagi jika usia instalasi dan perawatan yang kurang baik. ----------- Berdasar pengamatan dan beberapa permintaan yang telah saya terima lewat email ada beberapa kendala dalam pengecekan pressure switch. Bagaimana melakukan perawatan pressure switch... ? Kita bisa melepas nya dari instalasi pipa dan melakukan pengetesan diluar sistem hydrant dengan memberikan tekanan yang sesuai. Tidak bisa dipungkiri kegagalan sistem pompa sangat tergantung juga dari pressure switch ini.  -----Berikut contoh panel pompa jockey yang agak berbeda dari kebiasaan yang kita sering pasang. Sangat baik untuk dilakukan dalam hal pentinya menjaga kebersihan dan untuk kemudahan pengecekan secara visual pada perangkat pressure switch ( catatan : pemasangan dilakukan melihat ruang dan kondisi sekitar ) 

Semoga bermanfaat !!! 
Perawatan Sistem Pemadam Kebakaran Gedung BertingkatSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: