Thursday, August 9, 2018

Kontrol proses CPO dan Volume Tangki

Prinsip produksi CPO dan pengendalian sistem produksi merupakan gabungan sistem instrumentasi pengukuran dan management data bahan baku yang harus dikerjakan secara baik dengan menggunakan perangkat yang memadai dan operator proyek yang baik pula.  Pengendalian sistem produksi CPO bisa dimulai dari pendataan bahan dan perencanaan produksi. Dan hal ini membutuhkan sistem monitoring pengendalian bahan baku dalam bejana penyimpanan tangki. Hal ini pula yang akhirnya menentukan kapasitas produksi yaitu dalam hal kemampuan pengendalian volume dan kapasitas tangki.



Pengendalian dengan cara manual seharusnya dalam hal kapasitas produksi yang besar sangatlah tidak efektif dan tidak effisien. Proses pengendalian volume tangki memerlukan prinsip monitoring dan pembuatan sistem control yang lebih baik. Hal ini menyangkut pengaruh temparature, density dari produksi CPO yang berubah dalam setiap kali pengukuran. Untuk mendapatkan keakuratan data pengukuran, maka diperlukan pembuatan sistem kontrol yang memadai. Sistem kontrol monitoring dapat dibuat dalam skala lokal maupun bersifat online.


Salah satu kelengkapan dalam proses pengendalian proses produksi cpo adalah tersedianya kontrol panel yang memadai dengan tingkat keamanan, keakuratan dan kecepatan akses data produksi yang baik. Hal ini bisa dicapai dengan membuat kontrol panel lokal dengan sekaligus pembuatan sistem pengendalian online dari tangki penyimpan, sistem boiler dan sistem transferring yang memadai yang terpantau secara sistematis dan akses yang aman dan cepat.

Pembuatan sistem kontrol tangki online 
Pembuatan sistem kontrol tangki online melibatkan beberapa komponen pengendali dan sensor pengukuran parameter yang bekerja secara terkoordinasi untuk melaksanakan tugas monitoring dan pengendalian temperature dan level tangki. Temperatur dan Level transmitter akan menghasilkan output analog yang akan diproses dalam sebuah processor controller untuk kemudian data analog akan diproses dan ditampilkan dalam layar monitor dengan prinsip terkoordinasi lewat pemrograman komputer. 

Dalam pembuatan system komunikasi data jarak jauh temperature dan level tangka maka dibutuhkan perangkat infrastruktur jaringan dengan komponen utama adalah PC sebagai server dengan spesifikasi  :

Windows desktop atau sistem operasi server  keluaran  Microsoft,   diantaranya  termasuk  :

               • Microsoft Windows XP Service Pack 3 atau sebelumnya
               • Microsoft Windows Vista Service Pack 1 or later
               • Microsoft Windows 7,  semua versi
               • Microsoft Windows Server 2003 Service Pack 2 atau sebelumnya
               • Microsoft Windows Server 2008,  semua versi
Dengan spesifikasi hardisk
·   Minimum free space 500 MB hard drive
·   Ethernet adapter atau jaringan wireless
·   USB Port ( optional, digunakan dengan hard key licencing )

·   Serial COM ports dan adapter digunakan untuk komunikasi dengan modem

Unit PLC menerima data 4-20 mA dari temperatur dan level transmitter, data yang diterima oleh controller berupa besaran analog  diubah menjadi besaran digital oleh ADC ( Analog to Digital Converter ) agar dapat diproses oleh microcontroller. Oleh microcontroller data digital tersebut diubah kembali kedalam besaran analog 4-20 mA atau 0-10 Vdc. Melalui penggunaan software / utility driver  data tersebut di konfigurasi sehingga menghasilkan data digital yang oleh komunikasi serial RS 232 dikirimkan ke komputer untuk ditampilkan kembali sebagai  data hasil pengukuran temperatur dan level tangki seperti pada tampilan display berikut 



Sistem kontrol monitoring tangki  dengan database yang akurat dan accountibilitas pengukuran yang akurat akan menghasilkan tingkat produktivitas baik pekerjaan ataupun produksi. 

Alat alat dan Perangkat yang dibutuhkan :
1. Software HMI-SCADA ....... klik disini !
2. PLC Mitsubhisi  ................... klik disini !
3. Router  ................................. klik disini !
4. Mini PC / Desktop  .............. Klik disini ! 
5. Modem GSM/GPRS ..........,. Klik disini !

Konsultasi dan Proyek kirimkan permintaan ke email atau kontak ke 081218127854 (WA )

Semoga bermanfaat !!
Artikel terkait :


Kontrol proses CPO dan Volume Tangki SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: