Wednesday, July 24, 2013

Cara Praktis menaikkan Mutu dan Effisiensi Produksi


Pabrik dan Mesin Anda memproduksi makanan, minuman atau chemical ataupun produk otomotif ? Apakah Anda sedang mengumpulkan data analisa produksi dan terus melakukan setting performa mesin produksi ? Atau Anda sedang berurusan dengan waktu dalam proses produksi kelapa sawit /cpo ?



Berikut adalah cara mudah dan praktis menjaga kualitas, menaikkan kuantitas produksi, effsiensi produksi agar sesuai dengan standart kerja produksi dan mesin anda.

Dengan memanfaatkan teknologi monitoring yaitu dengan memaksimalkan fungsi sensor, data logger dan system monitoring maka Anda dapat memastikan standart kualitas produk, kuantitas produksi serta effisiensi mesin produksi akan dapat terus ditingkatkan. Apa saja contohnya ?


1. Processing dan Produksi pabrik kelapa sawit / CPO
    dengan memonitor dan memasang sensor temperatur, setting valve buka tutup, serta tekanan yang diinginkan, maka kualitas produksi dan kuantitas produksi dapat ditingkatkan secara maksimal yaitu dengan mengamati setiap perubahan buka tutup valve proses, waktu setting buka tutup valve serta dengan memonitor tekanan.


2. Pengaturan temperatur, waktu dan tekanan mesin Sterilizer
Instalasi panel Sterilizer Vertical atau Horizontal dirancang sehingga monitoring waktu, tekanan dan temperatur pemasakan dengan sterilizer akan didapatkan kualitas produksi CPO dan kuantitas / total produksi yang diinginkan. Dengan mengkombinasi buka tutup valve, temperatur steam dan tekanan maka akan mempermudah mengetahui faktor-faktor penyebab buruknya mutu produksi CPO serta dengan cepat pula diketahui faktor faktor teknis dan non teknis penghambat effisiensi produksi.
Panel operasi manual otomatis dibagi dalam beberapa fungsi :
  • Automanual Switch
  • Switch Program Operasi 1, 2, 3 dan 4
  • Switch Main Inlet
  • Switch Inlet 1, Inlet 2, Inlet 3, dan Inlet 4.
  • Switch Exhaush On/ Off
  • Switch Flushing On / Off
  • Switch Condensate On / Off
  • Switch Relief On / Off 


Dengan tujuan memperkecil downtime, maka akan dirancang pula sistem kontrol dan monitoring  melalui proses pendataan secara otomatis  data-data yang diinginkan dengan sistem logging  sehingga diperoleh hasil analisa yang berguna untuk memperbaiki penghambat  produksi. Sistem akan dibantu dengan penggabungan kontrol data dan layar monitor sebagai alat setting tekanan, waktu dan temperatur secara otomatis.

Sistem Monitoring Data dengan PLC.
Sistem monitoring dan analisa data hasil pengolahan PLC dapat dibaca dalam bentuk file "csv" sesuai dengan data yang ingin dianalisa dan ditampilkan. Dengan Sistem ini maka akan diperoleh data-data analisa untuk perbaikan sistem produksi seperti bisa dicontohkan dalam tabel yang digambarkan berikut :



Apa saja yang perlu dilakukan ?
1. Data-data performa produksi haruslah dipersiapkan sebagai acuan standart produksi.
2. Persiapan alat-alat ukur untuk mendapatkan data yang diinginkan.
3. Melakukan survei ke bagian mesin produksi untuk dilakukan modifikasi atau upgrade sistem.
4. Melakukan pekerjaan instalasi baik berupa sensor, data logger, unit monitoring ( touchcsreen atau PC )
5. Melakukan test instalasi dan running test performa mesin produksi sehingga diperoleh hasil produksi sesuai yang diinginkan.

Semoga bermanfaat !!!
Cara Praktis menaikkan Mutu dan Effisiensi ProduksiSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: