Tuesday, July 31, 2012

Instalasi monitoring temperatur

Pembuatan panel kontrol temperatur  dipakai sebagai salah satu cara mudah mengoperasikan sistem pendingin ruangan baik untuk mesin Chiller ataupun AC ruangan.  Pengendalian temperatur  ini bisa dilakukan melalui wireless remote, ataupun melalui sistem pengakabelan dengan building automation. Hal ini penting mengingat sebagian besar biaya cost operasional hotel atau gedung bergantung pada salah satu faktor ini. Banyak hal menarik mengapa pembuatan kontrol temperatur jadi penting.


http://alfaperkasaengineering.com/HVAC.htm


1. Hotel, gedung atau apartment memerlukan instalasi panel kontrol otomatis. Penggunaan setting temperatur dengan cara pembuatan panel lokal masih juga membebani manager teknik / operasional untuk mengatur biaya listrik akibat kelalaian pengaturan ini. Bagaimana tidak sekitar 70-80% beban gedung ada pada petugas operasional. Persoalan waktu dan kemudahan menjadi pertimbangan pembuatan panel otomatis secara sentralisasi. Mengapa tidak menggunakan cara sentralisasi dengan komputer.

2. Pencatatan temperatur per ruangan dalam gedung sangatlah memperpanjang waktu otomatisasi lokal, dan sistem kontrol temperatur menjadi mutlah diperlukan. Jika beberapa mengatakan ada petugas cukup untuk melakukan pengontrolan harian-  sangatlah tidak tepat. Beberapa informasi yang didapatkan di lapangan penggunaan tenaga harian untuk kontrol pembebanan listrik akibat temperatur yang tidak terkontrol  sangatlah miris. Bagaimana mungkin ratusan ruang terkontrol lewat tenaga perorangan.

3. Penggunaan kontrol tersentralisasi ke ruang kontrol ( komputer ) seharusnya telah menjadi pilihan bagi banyak pemilik gedung. Pembuatan kontrol dengan HMI - SCADA seharusnya jadi pilihan.


Dengan penggunaan sentral komputer- tetap akan menjadi banyak pilihan diantara beberapa solusi yang mengatakan cukup dengan tenaga manual.

Perencanaan Instalasi Kontrol PID 

Penggunaan kontrol PID ( Proportional Integral Derivatif ) merupakan kontroler untuk menentukan presisi suatu sistem  instrumentasi dengan karakteristik adanya umpan balik pada sistem tesebut.


Kontrol PID pada pengaturan temperatur ruang hotel atau ruangan atau ruang pendingin, melibatkan parameter kontrol yang meliputi PV ( process Value ), SV ( Setpoint Value ), dan MV ( measurement value). Ketiga parameter seringkali menjadi mempunyai bagian sendiri-sendiri dalam sistem pengontrolan. Kontrol PID meliputi unsur sensor sebagai data input analog dimana besaran temperatur diambil dari sebuah sensor berupa sensor termocouple atau lainnya. Sedangkan SV merupakan harga temperatur yang diinginkan sesuai setting yang diinginkan.

Melalui penggunaan sistem kontrol terpusat, seluruh aktivitas pengontrolan tidak lagi dilakukan secara per ruang. Kejadian temperatur tak stabil tidak lagi jadi persoalan karena sistem kontrol komputer akan melakukan pengontrolan secara otomatis Dan hal ini tentu saja membutuhkan kesadaran dan perhitungan yang menyeluruh. Baik jumlah mesin HVAC ( sentral AC ) atau lewat AC ruangan. Sebenarnya hal itu sama. Hanya beda dalam cara pengontrolan saja.

Semoga bermanfaat... !!!
Instalasi monitoring temperatur SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: