Friday, January 30, 2015
Sistem Kendali Jarak Jauh / telemetry Pada Pompa
Sistem kendali informasi pompa jarak jauh untuk PDAM merupakan salah satu tuntutan untuk mendapatkan solusi masalah jarak pompa yang agak jauh dari pusat pengendali. Dengan jumlah pompa yang cukup lumayan banyak, diperlukan instalasi dan komunikasi jarak jauh dari pusat kendali ke titik lokasi pompa. Demikian juga berlaku untuk stasiun pengendali lingkungan atau water treament. Apabila instalasi kabel dilakukan, maka akan banyak masalah dari pembuatan jalur kabel dan suplai listrik yang selalu tidak tersedia.
Mengingat beberapa pompa memang diletakkan dekat dengan sumber air ( sungai atau waduk ). Demikian juga sensor pengendali lingkungan maka pengendalian harus menggunakan teknik kendali jarak jauh atau telemetry.
Pengendalian jarak jauh dapat menggunakan beberapa media komunikasi yang diantaranya menggunakan internet, gelombang frekwensi radio, atau menggunakan sinyal CDMA atau GSM. Berikut salah satu surat yang saya terima beberapa waktu lalu ke email saya soal telemetry pada pompa PDAM.
Dari surat itu, ada beberapa permintaan yang bisa saya tuliskan agar persoalan telemetry menjadi semakin jelas buat kita semua termasuk saya pribadi. Biasanya beberapa permintaan dari user menginginkan beberapa point dalam hal :
1. Sistem kendali jarak jauh dengan menggunakan komputer yang secara real time / langsung menggambarkan aktivitas pompa dan data informasi yang terjadi. Tentunya sistem kendali bisa berupa status pompa, data problem panel dan pompa, serta beberapa informasi data analog dan digital dari mesin diesel pump yang aktif dan tidak aktif.
2. Informasi real time kejadian harian dari beberapa besaran pengukuran listrik termasuk, overheat, overcurrent, ataupun sekedar mengetahui status trip atau overload pada pompa.
Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyelesaikan masalah ini. ??
1. Pilih perangkat yang murah yang penting berfungsi sesuai keinginan. Mengingat beberapa produk yang pernah saya pakai cukup tinggi biayanya untuk dibandingkan dengan investasinya. Perangkat yang berfungsi sebagai pengirim data dan penerima data sekaligus. Dan jika ini masih relatif mahal tentukan part yang berfungsi sebagai pengirim data saja atau penerima data saja.
2. Pelajari konfigurasi sistem kontrol panel yang sdh ada dan tentukan modifikasi mana saja yang harus dilakukan. Tentukan wiring panel yang akan kita konek atau sambung dengan beberapa modul yang akan dipakai. Konfigurasi merupakan langkah penting untuk menentukan bagaimana sistem komunikasi data akan bekerja dan berpengaruh pada kinerja produk yang dipilih dan wiring panel dan tingkat kesulitan saat mengerjakannya.
3. Tentukan sistem komunikasi data yang akan dipakai. Tingkat kekuatan sinyal, lokasi dan sumber daya lainnya di lokasi haruslah dipertimbangkan.
Ada beberapa produk yang telah saya bahas sebelumnya untuk bisa dipakai. Coba klik disini ..
Semoga bisa bermanfaat dan menjadi bahasan yang bisa bermanfaat kemudian hari.. Kontak 088296572573 untuk info lebih detail
Bersambung ... !!!!
.
Thursday, October 2, 2014
Instalasi diesel, kontrol dan monitoring
Apakah anda tahu bagaimana merancang dan membuat panel kontrol diesel yang baik dan sekaligus membuat monitoring performance mesin diesel ? Lalu bagaimana jika hendak melakukan pengontrolan jarak jauh ? Apa saja yang harus dipersiapkan ...?
Pengontrolan Mesin Diesel.
Level air tidak mengalami kebocoran sehingga dipastikan sensor air
tetap dalam posisi normally closed sebelum diesel dijalankan. kebocoran bisa
berakibat proses pendinginan pada air radiator terganggu. Pada diesel dengan
turbocharger kebocoran bisa terjadi pada head dan atau liner. Pada kondisi interlock, relay difungsikan
sebagai rangkain locking dengan fungsi sebagai locking saat diesel belum
dioperasikan. Apabila terjadi valve atau dan water sensor aktif maka relay akan
menonaktifkan perintah operasi diesel. Apabila ditemukan kondisi kebocoran
ataupun valve posisi terbuka maka sistem starting akan dissable ( tidak mungkin
dilakukan ).
Tekanan pada sensor tekanan oli filter menjadi element standard keamanan engine dari resiko tekanan berlebihan akibat filter yang sudah kotor atau buruknya oli pendingin. Sehingga dalam penggabungan kontrol instalasi diesel maka sensor tekanan juga dipakai sebagai interlocck sistem saat gangguan tekanan
Bagaimana Tahap-tahap membuat wiring panel diesel baik untuk diesel atau genset ?
Instalasi diesel, kontrol dan monitoring
Sistem
kontrol diesel dan remote monitoring
Pada saat dunia
industri dan komersial mencari solusi sistem kontrol diesel untuk keperluan sistem pompa atau sistem
genset maka sebagai teknisi, suplier diesel ataupun praktisi lapangan
diharuskan menyiapkan diri menyediakan panel instalasi atau produk yang
diminta. Kontrol diesel yang benar merupakan kombinasi beberapa kontrol dari
seluruh perangkat yang ada pada mesin diesel. Beberapa peralatan pendukung juga
harus dikontrol dalam unit panel kontrol box sehingga seluruh sistem operasi
mesin diesel bekerja dengan baik dan aman.
Secara sederhana kontrol diesel mempuyai fungsi yaitu
menghidupkan ( starting ) dan mematikan ( stopping ) namun mengoperasikan
secara benar dan aman serta keamanan parangkat dan engine itu sendiri merupakan
tujuan paling penting alam pembuatan instalasi diesel. Proses
starting bisa dilakukan dengan bebarapa cara.
Pertama, starting mesin diesel dengan menggunakan penggerak engkol start pada poros engkol atau poros hubung yang digerakkan oleh tenaga manusia. Jadi sistem start ini sangat bergantung pada faktor manusia sebagai operatornya.
Kedua, starting diesel menggunakan motor DC dengan suplai listrik dari baterai/accu 12 atau 24 volt untuk menstart diesel. Saat start, motor DC mendapat suplai listrik dari baterai atau accu dan menghasilkan torsi yang dipakai untuk menggerakkan diesel.
Ketiga, starting memakai motor dengan udara bertekanan tinggi untuk start dari mesin diesel. Cara kerjanya yaitu dengan menyimpan udara ke dalam suatu botol udara.Kemudian udara tersebut dikompresi sehingga menjadi udara panas dan bahan bakar solar dimasukkan ke dalam Fuel Injection Pump serta disemprotkan lewat nozzle dengan tekanan tinggi.
Pertama, starting mesin diesel dengan menggunakan penggerak engkol start pada poros engkol atau poros hubung yang digerakkan oleh tenaga manusia. Jadi sistem start ini sangat bergantung pada faktor manusia sebagai operatornya.
Kedua, starting diesel menggunakan motor DC dengan suplai listrik dari baterai/accu 12 atau 24 volt untuk menstart diesel. Saat start, motor DC mendapat suplai listrik dari baterai atau accu dan menghasilkan torsi yang dipakai untuk menggerakkan diesel.
Ketiga, starting memakai motor dengan udara bertekanan tinggi untuk start dari mesin diesel. Cara kerjanya yaitu dengan menyimpan udara ke dalam suatu botol udara.Kemudian udara tersebut dikompresi sehingga menjadi udara panas dan bahan bakar solar dimasukkan ke dalam Fuel Injection Pump serta disemprotkan lewat nozzle dengan tekanan tinggi.
Untuk melakukan sistem monitoring diesel alangkah lebih baik diketahui dasar dan alasan pentingnya sistem monitoring otomatis atau monitoring diesel jarak jauh. Berikut beberapa alasan mengapa sistem monitoring jarak jauh sangat penting.
- Monitoring merupakan indikator preventif maintenance saat waktu, tools management tidak lagi mampu menjaga kondisi kinerja mesin diesel.
- Monitoring menjadi alat bantu secara otomatis saat tidak tersedianya tenaga khusus atau ahli yang mencatat, memantau atau melakukan tugas pengecekan atau maintenance rutin.
-Monitoring jarak jauh sangat efektif untuk menggantikan tugas yang tidak bisa dijangkau oleh alat operasional dan jarak yang cukup jauh untuk melakukan monitoring dan maintenance. Ini seringkali terjadi pada unit2 BTS, rental genset, atau pompa-pompa waduk dan sungai dan lainnya.
-Monitoring jarak jauh menjadi dibutuhkan mengingat data pencatatan kondisi mesin diesel sendiri jarang dibuat dan menjadi kendala dalam sistem perawatan yang baik.
- Monitoring merupakan indikator preventif maintenance saat waktu, tools management tidak lagi mampu menjaga kondisi kinerja mesin diesel.
- Monitoring menjadi alat bantu secara otomatis saat tidak tersedianya tenaga khusus atau ahli yang mencatat, memantau atau melakukan tugas pengecekan atau maintenance rutin.
-Monitoring jarak jauh sangat efektif untuk menggantikan tugas yang tidak bisa dijangkau oleh alat operasional dan jarak yang cukup jauh untuk melakukan monitoring dan maintenance. Ini seringkali terjadi pada unit2 BTS, rental genset, atau pompa-pompa waduk dan sungai dan lainnya.
-Monitoring jarak jauh menjadi dibutuhkan mengingat data pencatatan kondisi mesin diesel sendiri jarang dibuat dan menjadi kendala dalam sistem perawatan yang baik.
Pengontrolan Mesin Diesel.
Pengontrolan mesin diesel meliputi
beberapa komponen penting yang harus dikontrol, sehingga nantinya mesin diesel
akan bekerja aman sesuai standard operasional engine. Beberapa perangkat
kontrol diesel antara lain :
1. Kontrol Temperatur.
Kontrol temperatur bisa meliputi temperatur air
pendingin atau temperatur oli sehingga dibutuhkan sensor yang akan
mengindikasikan tingkat temperatur yang dikehendaki. Beberapa sensor tersebut
harus disesuaikan dengan kapasitas mesin diesel. Namun secara umum instalasi
sensor temperatur mempunyai kesamaan fungsi sebagai kontak ON / OFF pada saat
temperatur mencapai range tertentu. Pengontrolan temperatur ini dipergunakan
untuk membatasi temperatur air pendingin atau temperatur oli mesin. Apabila
batas temperatur dilampaui maka diesel tidak akan memberikan tanda alarm untuk
kemudian akan shutdown apabila problem temperatur tidak segera ditangani
2. Kontrol Tekanan Oli. Merupakan
penggabungan instrumen tekanan dan alat ukur pada panel kontrol yaitu dengan
mengukur tekanan oli di saluran filter oli. Tekanan oli ini dimanfaatkan untuk
menghentikan kerja diesel pada saat tekanan melebihi kapasitas yang
dikehendaki.
3. Kontrol
Kecepatan Engine.
4. Kontrol Dinamostarter.
Dinamostarter merupakan penggerak engine dengan penerapan tenaga listrik 24 Vdc dari aki. Dengan memanfaatkan tegangan DC dari batteray dinamo starter akan memutar mesin dalam hitungan tidak lebih dari 5-10 detik. Sesaat setelah itu dinamo starter akan berhenti melalui prinsip kerja timer dan relay.
Dinamo starter ini merupakan bagian dari mesin yang berfungsi sebagai penggerak awal dari mesin. Dimana melalui mekanisme roda gigi dan pinion dynamo starter ini menggerakkan Flywheel. Dari awal putaran diporos ini akan menghasilkan kompresi diruang bakar dan putaran injection pump yang akan mengabutkan bahan bakar.Setelah terjadi pembakaran dan menghasilkan gerakan berputar sendiri , dynamo akan lepas dari gigi flywheel. Selengkapnya bisa dipraktekkan dengan bantuan panduan instalasi yang sudah kita buatkan
Dinamostarter merupakan penggerak engine dengan penerapan tenaga listrik 24 Vdc dari aki. Dengan memanfaatkan tegangan DC dari batteray dinamo starter akan memutar mesin dalam hitungan tidak lebih dari 5-10 detik. Sesaat setelah itu dinamo starter akan berhenti melalui prinsip kerja timer dan relay.
Dinamo starter ini merupakan bagian dari mesin yang berfungsi sebagai penggerak awal dari mesin. Dimana melalui mekanisme roda gigi dan pinion dynamo starter ini menggerakkan Flywheel. Dari awal putaran diporos ini akan menghasilkan kompresi diruang bakar dan putaran injection pump yang akan mengabutkan bahan bakar.Setelah terjadi pembakaran dan menghasilkan gerakan berputar sendiri , dynamo akan lepas dari gigi flywheel. Selengkapnya bisa dipraktekkan dengan bantuan panduan instalasi yang sudah kita buatkan
Sistem Instalasi Mesin Diesel
Untuk
merencanakan dan membuat sistem instalasi, sangat dibutuhkan pemahaman bagaimana diesel bekerja dan bagaimana mengoperasikan diesel.
Kesalahan dalam tahap pengoperasian akan memunculkan kesalahan starting atau
stoping diesel dan dapat mengakibatkan kerusakan " black out".
Dalam pembuatan sistem instalasi memerlukan tahapan yang benar. Tahapan starting dibagi dalam starting manual dan starting automatis. Dalam tahapan starting manual tahapan penting tersebut adalah sebagaimana tahapan-tahapan berikut ( untuk mendapatkan sistem instalasi yang benar ) :
Dalam pembuatan sistem instalasi memerlukan tahapan yang benar. Tahapan starting dibagi dalam starting manual dan starting automatis. Dalam tahapan starting manual tahapan penting tersebut adalah sebagaimana tahapan-tahapan berikut ( untuk mendapatkan sistem instalasi yang benar ) :
Memastikan bahwa semua valve ( terutama valve buka tutup bahan
bakar ) bekerja dengan benar dan akan bersifat interlock ( terkunci saat tidak
aktif ) sebelum diesel dioperasikan.
Tekanan pada sensor tekanan oli filter menjadi element standard keamanan engine dari resiko tekanan berlebihan akibat filter yang sudah kotor atau buruknya oli pendingin. Sehingga dalam penggabungan kontrol instalasi diesel maka sensor tekanan juga dipakai sebagai interlocck sistem saat gangguan tekanan
Bagaimana Tahap-tahap membuat wiring panel diesel baik untuk diesel atau genset ?
Berikut persiapan proses kerja diesel seperti hal-hal berikut :
1. Bagaimana merangkai instalasi proteksi diesel. saat power ON - diesel dalam keadaan standby dan kontrol panel akan memberitahu kondisi proteksi sudah aman atau belum yaitu meliputi temperatur, water, dan pressure.
2. Bagaimana merangkai instalasi setelah switch contact engine on, maka timer akan hidup dalam waktu 5 detik untuk memastikan bahwa valve posisi ON memastikan bahan bakar tersuplai dengan baik.
3. Bagaimana merangkai instalasi timer sebagai kontrol proteksi dan bagaimana instalasi timer saat diesel saat starting diesel.
4. Bagaimana instalasi dinamostarter dan alternator saat starting.
Informasi lebih detail Klik Disini !!
1. Bagaimana merangkai instalasi proteksi diesel. saat power ON - diesel dalam keadaan standby dan kontrol panel akan memberitahu kondisi proteksi sudah aman atau belum yaitu meliputi temperatur, water, dan pressure.
2. Bagaimana merangkai instalasi setelah switch contact engine on, maka timer akan hidup dalam waktu 5 detik untuk memastikan bahwa valve posisi ON memastikan bahan bakar tersuplai dengan baik.
3. Bagaimana merangkai instalasi timer sebagai kontrol proteksi dan bagaimana instalasi timer saat diesel saat starting diesel.
4. Bagaimana instalasi dinamostarter dan alternator saat starting.
Informasi lebih detail Klik Disini !!
Subscribe to:
Posts (Atom)