Monday, February 22, 2010

Alasan mengapa instalasi penting ?

Hingga saat ini bisnis instalasi merupakan bisnis yang tidak pernah surut. Kegiatan kelistrikan tetap berjalan sesuai dengan irama pertumbuhan sektor komersial dan industri baik bangunan umum, apartement, hotel, pemukiman, atau sektor lain yang selalu membutuhkan instalasi listrik. Listrik seolah telah menjadi kebutuhan prima bagi perkembangan ekonomi Indonesia.
Munculnya pembangkit-pembangkit listrik swasta sebelum krisis ekonomi tahun 1997 tercatat bahwa 27 proposal proyek yang diajukan ke pemerintah Indonesia, hanya 15 kontraktor yang berhasil mendapatkan pendanaan.

Setelah kondisi ekonomi pulih, muncullah generasi kedua pembangkit swatsa dan tahun 2004 terdapat 126 proposal pembangunan pembangkit listrik swasta yang diterima PLN dan hanya 18 kontraktor yang berhasil mendapat pendanaan. Peran swasta dalam pembangunan pembangkit listrik sangat penting karena investasi PLN sangat terbatas. Data pertmbuhan kebutuhan listrik Indonesia saat ini 9.69 % per tahun. Itu artinya kebutuhan listrik 10 tahun kedepan mencapai 325,2 terrawatt hour atau naik hingga tiga kali lipat saat ini.


Pertumbuhan Sektor Komersial di perkotaan telah menciptakan proyek baru dan telah menciptakan lapangan kerja bagi sector industri jasa dan menfacture dalam penyediaan jasa instalalsi listrik dan peralatan listrik. Permintaan instalasi yang terus menerus memaksa banyak pihak baik karyawan ataupun pengusaha untuk menyediakan jasa mereka dalam hal pembuatan panel instalasi, pembangunan unit instalasi komersial di apartement, perumahan / property, bangunan mall semakin tinggi.


Pertumbuhan sektor Industri yang terus berkembang kan sangat membutuhkan penyediaan ahli dan pelaku jasa instalasi yang kompeten di listrik. Dan memaksa sejumlah pihak ntuk mempersiapkan dana dan usahanya ada salah satu bisnis jasa instalasi yang kian subur. Penyediaan Panel Generator dan Kontrol genset semakin banyak dimintai banyak pihak dan ini sebuah keharusan bagi siapapun untuk berkompetisi dalam penyediaan panel. Sedangkan tidak sedikit pula mesin-mesin industri yang muncul baik industri besar maupun industri rumah tangga yang memunculkan permintaan panel sebagai pendukung operasinya.


Sedangkan permintaan panel dan instalasi di sektor komersial identik dan berbarengan dengan
pertumbuhan pembangunan sarana fisik dan penunjang perekonomian lannya. Hal ini memunculkan pekerjaan-pekerjaan dalam bidang konstruksi baik mekanik, elektrik, dan sipil yang terus berkembang. Permintaan instalasi telah memunculkan jumlah pekerja instalasi dan mengikut ujian dan kursus instalasi di Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia yang saat ini tlah mencapai ribuan anggota. Munculnya permintaan ini menciptakan harapan baru bagi sema kalangan untuk mendapatkan pekerjaan dan sekaligs menangani pekerjaan kelistrikan.
Alasan mengapa instalasi penting ?SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: