Monday, April 3, 2017

Pembuatan Sistem Kontrol dan Monitoring Panel Pompa Hydrant dengan GSM/GPRS


Sistem kontrol pompa merupakan hal penting yang harus dibuat secara benar agar mudah dalam pengoperasian, sistem perawatan dan sistem monitoring hal-hal penting yang terjadi sesaat digunakan ataupun pada saat tidak digunakan. Kemudahan dalam sistem operasi merupakan hal umum yang sering kali dilakukan pada saat membuat sistem kontrol panel baik untuk sistem kontrol jockey pump, electrical pump  ataupun diesel pump. Perawatan yang kontinue dan terencana juga merupakan keharusan yang perlu dilakukan untuk menjaga agar fasilitas dan fungsi unit pompa dan kontrol panel bekerja dan berlangsung dengan baik pada saat -saat diperlukan.

 pompa hydrant

Lalu bagaimana dengan sistem monitoring GSM/GPRS, apakah juga penting dan sudah dilakukan dengan baik. ? Apakah sistem monitoring berkala secara manual juga penting ? Beberapa sistem monitoring manual sebenarnya sudah seringkali ditambahkan dalam instalasi sistem kontrol mesin pompa. Beberapa diantaranya dengan ditambahkannya panel temperatur oli mesin diesel pump, hourmeter ( seberapa lama mesin pompa sudah beroperasi ), kecepatan rpm mesin, dan tekanan oli sdh ditambahkan sebagai perangkat monitoring kondisi diesel pump.  Apakah ini sudah cukup ??

Berbicara sistem GSM/GPRS  kontrol pompa ( jocky pump, electrical motor pump ataupun diesel pump ) sebenarnya sudah cukup banyak dibahas dan dilakukan oleh banyak pelaku sistem pompa. Dan dalam beberapa kasus di lapangan ternyata didapatkan bahwa ada banyak sistem kontrol pompa yang tidak yang tidak bekerja ataupun berfungsi dengan baik pada saat diperlukan ketika kebakaran terjadi. Bagaimana mungkin terjadi ... ? Ternyata diakui atau tidak diakui ada beberapa kelemahan dalam sistem kontrol panel pompa selama ini yang dinyatakan layak dan baik pada saat-saat awal pemakaian namun tidak baik lagi setelah beberapa waktu berlalu.  Dan diperparah lagi dengan sistem perawatan yang tidak cukup baik dari segi panel kontrol ataupun dari segi pelaksanaan monitoring manual.




Berikut beberapa permasalahan yang pernah terjadi diambil dari sumber-sumber online.

Pompa Hydrant tidak berfungsi saat dibutuhkan, ,   

90% Pompa Hydrant tidak berfungsi, dan Hanya 10 % saja berfungsi saat dibutuhkan. 


Apakah yang sebenarnya terjadi saat pompa hydrant tidak bekerja dengan baik saat dibutuhkan ?
Apakah sistem kontrol panelnya salah.. ? ataukah sistem perawatannya kurang ? Sebenarnya tidak juga. Semua sudah dilakukan seperti biasanya.

Namun alangkah baiknya kita membuat solusi bagaimana membuat system pompa hydrant yang lebih baik. Bagaimana solusinya... ?
Apakah kita akan melakukan upgrade system kontrol panel pompa hydrant ? jawabannya YA !
Sistem kontrol yang dibuat selama ini sudah bagus, hanya saja masih KURANG.

  • Sistem kontrol pompa diesel, motor dan jockey yang dibuat seharusnya meliputi sistem monitoring GSM/GPRS secara otomatis dan bukan yang biasa dibuat. Ada beberapa pertimbangan persoalan kurangnya kontinuitas pengecekan dan perawatan  sistem kontrol lama sehingga penting untuk dilakukan langkah baru dalam hal pembuatan sistem kontrol GSM/GPRS berikut monitoring kondisi dan status sistem bersangkutan. 
  • Sistem kontrol panel pompa kita seharusnya tidak lagi hanya untuk teknis operasional saja. Namun juga harus dilengkapi perangkat wiring untuk testing dan monitoringnya. Penting untuk dilakukan guna memastikan pompa dan sistem kontrol terjaga dan bekerja dengan baik. 
  • Sistem kontrol pompa kita seharusnya tidak lagi hanya sebagai alat yang bekerja sewaktu-waktu namun lebih lagi dapat memberikan informasi data keberadaan pompa dan sistem kontrol setiap waktu.  
  • Sistem kontrol panel pompa perlu diperbaiki...!!
Monitoring Sistem Pompa dengan GSM/GPRS.

Sistem monitoring dengan GSM/GPRS unit merupakan teknologi komunikasi yang menggunakan komponen GPS/GPRS dan bisa dilengkapi dengan penyimpan data yang bisa merekam atau melakukan eksekusi kesalahan dan menghasilkan respon tindakan yang cepat saat terjadi kesalahan, kerusakan, dan kesalahan operasional atau apapun baik berupa rekaman data ataupun sinyal alarm dengan menggunakan fasilitas GSM/GPRS.

 diesel pump microcontroller


Berikut beberapa hal penting data alarm yang didapatkan bila menggunakan teknologi GSM/GPRS
  • GSM/GPRS High Low Pressure Electrical Motor Pump Manual Test
  • GSM/GPRS High Low Pressure Jockey Pump manual Test 
  • GSM/GPRS High Low Pressure Diesel Pump Manual Test
  • GSM/GPRS Jockey Pump under Manual Test Flow
  • GSM/GPRS Electrical Motor Pump under Manual Test 
  • GSM/GPRS Diesel Pump under Flow Test 
  • GSM/GPRS Pressure Switch Activated for Manual Test
  • GSM/GPRS Bateray Trouble Alarm
  • GSM/GPRS Power LVMDP trip 
  • GSM/GPRS Fuel Level Low Alarm
  • GSM/GPRS Engine overspeed Alarm
  • GSM/GPRS Electrical Motor Pump overheat
  • GSM/GPRS Diesel Engine Oil Over-Temperatur
  • dan lain-lainnya.

Dengan menggunakan beberapa tambahan perangkat sensor ataupun penggunaan electronic control unit/ microcontroller, langkah-langkah perbaikan model kontrol panel hydrant bisa dilakukan. Hal-hal penting yang dilakukan bisa saja dari sisi 
  1. Sistem GSM/GPRS untuk sensor. Dimana kendala sistem pompa tidak bekerja saat seharusnya aktif ketika sinyal indikasi flow switch aktif ataupun sinyal push button dan break glass ditekan dapat diatasi dengan sistem GSM/GPRS yang lebih akurat dan cepat.
  2. Sistem GSM/GPRS Tekanan. Pembenahan dari sensor tekanan pipa header yang selama ini bisa saja tidak bekerja dengan baik bisa diketahui dengan cepat melalui data SMS ataupun data online internet.
  3. Sistem Alarm dan Recording. Yaitu perubahan sistem kontrol yang kurang informatif dalam memberikan respon alarm. Untuk kemudian ditambahkan microcontroller untuk tugas-tugas penyampain informasi ke komputer sehingga kemudian didapat informasi kejadian, ketidak-abnormal-an pompa dengan cepat, real time, dan recording yang secara transparant terlihat di layar komputer. 
  4. Mini Computer. Mini computer atau electronic control unit merupakan pemilihan tepat pengganti komputer skala besar seperti desktop atau industrial PC yang berharga lebih mahal. Mini pc dipergunakan sebagai unit pengolah informasi dari hasil sensor untuk ditampilkan dalam layar LCD di panel depan. 
  5. LCD display. Layar monitor menampilkan menu operasi mesin pompa dan hasil pengukuran  beberapa indikasi alarm.

Bagaimana mensiasati biaya pembuatan panel kontrol GSM/GPRS ?

Untuk melakukan upgrade sistem dari panel kontrol lama ke dalam system monitoring GSM/GPRS ada solusi yang seringkali dipakai sebagai langkah mendapatkan harga biaya pekerjaan yang lebih bijak. Kita bisa mempertimbangkan pembuatan sistem monitoring dan sekaligus kontrol dengan upgrade system dengan menggabungkan sendiri produk produk yang tersedia dipasaran. 

Semoga bermanfaat .. !!


Pembuatan Sistem Kontrol dan Monitoring Panel Pompa Hydrant dengan GSM/GPRSSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: