Friday, October 9, 2015

Telekomunikasi dan Teknologi Informasi


Menyambung pembahasan dan proyek sebelumnya dalam bidang telemetry sistem kontrol monitoring jarak jauh, kembali saya coba berbagi kembali lebih jauh perihal beberapa pekerjaan yang sekarang ini menjadi kebutuhan dunia industri dan komersial terutama dalam pembuatan sistem kendali dan monitoring dengan teknologi telekomunikasi seperti HP dan komputer. 
Peralihan dari teknologi industrial ke teknologi kelas rumahan dan komersial, pemanfaata berbagai hardware dan software komunikasi telah memasuki era teknology yang murah, praktis, dan informatif.


Beberapa hal yang menggembirakan muncul dari berbagai penawaran perusahaan komputer dengan alternatif software dan hardware yang sangat mudah memberi harapan baru penciptaan informasi yang sangat cepat dan informatif.
Coba kita bersama perhatikan beberapa teknologi jaringan komunikasi cellular baik berbasis windows Linux atau Android telah memberikan kemudahan dalam hal pembuatan sistem kontrol dan monitoring yang infomatif dan manusiawi.

Sebagai contoh kita bisa lihat beberapa proyek dengan sistem kendali jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi seperti penggunaan Handphone sebagai media komunikasi yang terus menjamur di berbagai kalangan dn keperluan, baik industri, profesional, dan kalangan  praktisi.
Klik link-link berikut untuk pemahaman lebih jauh :
Dan beberapa produsen software dan harware telah menciptakan terobosan baru dalam pemanfaatan teknologi internet secara mudah dengan berbagai pemanfaat software utility dan aplikasi telekomunikasi data.

Kemudahan yang jelas ditawarkan sekarang ini tidak bisa didapat pada era teknologi komunikasi dimana teknologi cellular masih sangat terbatas, apalagi dengan terbatasnya software aplikasi yang dibuat. Namun sekarang google dengan berbagai virtual atau animasi berbasis teknologi telah  memudahkan informasi menyentuh semua kalangan.

Sebagai contoh penggunaan teknologi ini sudah dilakukan dan dilirik dari berbagai instansi. Coba klik link berikut :

1. Kontrol Monitoring Lampu PJU / Penerangan Jalan Umum . Klik Disini ..
    Sistem tersebut akan mengendalikan dan memantau distribusi penerangan secara jarak jauh melalui komunikasi nirkabel  sebagai salah satu jaringan komunikasi utama untuk server. Sistem tersebut harus bersifat modular dan terukur. Solusi terpusat akan memberikan pengendalian on/off   untuk optimalisasi jam pemakaian, pemeliharaan yang disederhanakan dan mengoperasian sistem jarak jauh. Baterai harus secara instan mengambil alih pasokan daya, mengaktifkan modul CPU untuk menyimpan data dan mengirimkan alarm kegagalan daya utama ke server pusat sebelum mati dengan aman.

2. Kontrol Cahaya Lampu Ruangan atau Gedung . Klik Disini 
 Sistem ini sangat posisitf dari aspek kreatif, teknis, dan operasional yang membantu tetap hemat energ. Sistem percahayaan itu digunakan di Monumen Nasional di Jakarta, Tugu Pahlawan di Surabaya, Jembatan Ampera di Palembang, patung Ksatria Gatot Kaca di Bali, Monumen Serangan Umum 1 Maret di Jogja, Gedung Sate di Bandung, dan Monumen Mandala di Makassar.

3. Sistem remote kontrol dan Monitoring Temperatur Chiller - Water Heater. Klik Disini 
Sistem remote control temperatur chiller dan water heater sangat membantu khususnya pada gedung dengan tingkat pengkabelan / wiring kabel yang rumit. Remote kontrol memudahkan cara instalasi dan wiring dengan sedikit melakukan setting perangkat wifi atau internet monitoring temperatur sudah bisa dilakukan dengan cepat ke layar komputer atau l;ewat smartphone.

Semoga bermanfaat !!
Telekomunikasi dan Teknologi Informasi SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: