Monday, July 9, 2012

Instalasi Security Alarm System


Security alarm system merupakan seperangkat pengaman  secara terintegrasi yang menggabungkan peralatan keamanan dan data informasi ( data logger ) dalam mencegah bahaya. Baik bahaya secara personal maupun sistem hardware software. Sistem security bisa berupa sistem security untuk security data, alat atau kegiatan dengan tujuan mencegah terjadinya kesalahan, kebocoran, atau kerusakan baik aktifitas ataupun peralatan. Sistem security  bisa juga diterapkan baik untuk gedung, rumah atau bangunan industri tergantung tujuan yang ingin dicapai. Dan secara instalasi, sistem security bisa dalam sistem wireless ataupun tidak ( dengan sistem kabel ).

Sistem security untuk rumah bisa diterapkan untuk pengamanan benda, atau lokasi atau aktifitas dalam rumah. Sistem security ini biasanya bisa berbentuk instalasi CCTV atau sistem keamanan kebakaran, perampokan atau kasus pencurian. Instalasi sistem ini biasanya sangat sederhana karena hanya dimaksudkan sebagai sistem security yang memberikan gambar cctv atau alarm bell yang langsung dilihat oleh pengguna. Jadi security alarm selalu identik dengan sinyal pemberitahuan adanya bahaya, atau kelainan dari keadaan yang sebelumnya dalam bentuk informasi gambar dan alarm bell. Sistem security untuk rumah biasanya sangat sederhana. Tapi beberapa orang kadang melengkapi sistem security yang sekaligus sebagai sistem kontrol keamanan. Dengan kata lain sistem security rumah bisa dikembangkan lebih jauh untuk kontrol pintu pagar, kontrol pompa air, atau sistem securitydengan menggunakan detektor gas.

Sistem security untuk gedung mempunyai kelengkapan desain dan konstruksi yang lebih lengkap dibanding dengan rumah. Disamping karena peralatan yang lebih lengkap, tujuan sistem security tidak hanya sebagai monitoring melainkan juga sebagai  sisten kontrol. Monitoring diartikan sebagai aktifitas atau seperangkat ( hardware / software )  alat yang memantau beberapa peralatan, dan aktifitas sesuai tujuan monitoring. Security alarm system untuk gedung dirancang untuk memonitor kebocoran gas, kebakaran, dan sekaligus sebagai kontrol dari beberapa fungsi seperti pompa hidrant, listrik gedung atau bahkan kontrol security  terhadap temperatur ruangan, tekanan gas, atau juga sebagai kontrol tangki air untuk pemadam kebakaran.

Untuk merancang sistem security alarm yang baik maka berikut kriterianya:
1. Untuk membuat sistem security alarm sebaiknya meliputi penggunaan dalam cara atau perangkat yang bisa berfungsi sebagai monitoring dan juga sebagai kontrol. Jangan membuat sistem security yang hanya bisa memonitor. Tapi hendaknya bisa sebagai kontrol. Sistem paling sederhana yang paling banyak dipakai adalah HANYA sebagai sistem monitoring.  Tidak secara lengkap berlaku sebagai kontrol.

2. Sistem security yang baik  adalah sistem yang dilengkapi dengan data gambar dan data tulisan yang memberikan informasi secara real time pada saat kejadian berlangsung. Sistem monitor cctv memang cukup berguna. Namun gambar cctv tidaklah cukup mewakili fungsi security yang sesungguhnya. Security haruslah terintegrasi dengan perangkat hardware dan software yang melakukan tindakan mencegah dan menyelesaikan masalah security.
3. Sistem security haruslah terdiri dari peralatan hardware dan software yang bersifat memonitor dan mengontrol. Beberapa panel kontrol Fire Alarm Control Panel merupakan produk lama konvensional yang  membantu memonitor kondisi titik kebakaran dan memberikan sinyal alarm kebakaran jika sensor / detektor lapangan bekerja. Panel kontrol ini juga sebenarnya masih memiliki kekuranganh dalam hal pemberian informasi.
Perkembangan sistem security dewasa ini telah memberikan kemudahan dan kelengkapan kerja dan pemberian informasi sistem security. Melalui penggunaan komputer , sistem security telah berkembang secara menyeluruh dalam memberikan baik data gambar, wakru kejadian, dan kontrol yang cukup handal.
Instalasi Security Alarm SystemSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: