Monday, August 17, 2009

Instalasi Panel Inverter pada Mesin Chiller


http://alfaperkasaengineering.com/HVAC.htm

Untuk melakukan seeting parameter Inverter – dapat dilihat dalam panduan “General Purpose Inverter” dari pencarian Google. Namun pada dasarnya ada beberapa parameter yang biasanya di set pada inverter pada panel instalasi.

Setting Frekwensi :


http://alfaperkasaengineering.com/HVAC.htm

Setting frekwensi dilakukan pada saat Anda menginginkan variable kecepatan / speed yang konstan seperti keinginan Anda. Pada kasus kejadian mesin bor, seting parameter frekwensi biasanya sebesar “frekwensi tertentu” artinya Anda menginginkan hanya sebesar 100 Hz misalnya. Namun sebagai contoh sebaliknya jika Anda menginginkan frekwensi yang variatif antara 40 sampai 200 Hz Anda harus melakukan setting frekwensi dalam beberapa permintaan.. Dua pengaturan macam ini baik konstan atau variable biasanya dikategorikan sebagai closed loop dan open loop control.

Closed Loop Control atau pengontrolan loop tertutup yaitu rangkaian control yang hanya digerakkan oleh potensiometer secara manual. Sedangkan pengaturan Open Loop biasanya digerakkan oleh pengaturan umpan balik dari encoder atau output inverter lainnya yang terhubung secara seri yang berkerja pada mesin yang memerlukan gerak sinkron dari satu motor dengan motor yang lain.

Instalasi dan Pemilihan Inverter :
Untuk melakukan instalasi Inverter berikut beberapa langkah yang harus dilakukan :

1. Tentukan lebih dulu beban motor beban kosong dan beban penuh. Ini penting untuk kinerja Inverter saat mesin beroperasi secara normal dan beban maksimum. Perhatikan spesifikasi teknis Inverter dan beban Ampere Motor saat kosong dan saat beban penuh.

Contoh : Inverter Control Techiques model SP 1201 AC Drive 1.1 kW
Tegangan Supply 200 s/d 240 Volt +/- 10%

Maka pada “keadaan kerja normal” Inverter mampu menahan beban motor sebesar 1.1 kW dengan tegangan 220 Volt atau sekitar 1.5 HP dengan arus maksimum kontinyu 5.2 Ampere serta mampu beroperasi pada 5.7 Ampere Maksimum untuk rangkaian control Open Loop.

Penting untuk melihat kapasitas beban ampere motor yang dipergunakan. Perhatikan beban ampere motor saat beban kosong dan beban Ampere motor saat beban penuh.
Cara termudah untuk mengukur beban Ampere motor adalah dengan mengukur Ampere motor dengan Amperemeter saat motor beban kosong. Usahakan beban Ampere terukur tidak melebihi kapasitas motor atau standart Inverter 5.2 Ampere.

Terakhir pastikan beban Ampere saat motor diberi beban adalah tidak melebihi 5.7 Ampere dari beban Ampere Maksimum Inverter. Jika ini terjadi Anda harus perhatikan Inverter anda.

Jika pada kondisi motor yang sama 1.1 kW tegangan 200s/d 240 Volt +/- 10% “keadaan kerja berat “ atau berbeban maksimum dengan beban Ampere terukur melebihi 5,7 Ampere maka Anda diharus memilih Inverter dengan spesifikasi diatasnya yaitu SP 1202 dengan kemampuan beban ampere tanpa beban 5.8 Ampere dan Masimum ampere 8,7 Ampere.

Kenapa ? Yang jelas anda tidak ngin Inverter anda bermasalah , bukan ?

2. Setting Low , Mediumdan High Frekwensi pada Inverter Anda. Sebagai contoh setting 80 Hz untuk Low, 120 untuk Medium dan 150 untuk High frekwensi. Setiap Setting frekwensi perhatikan beban ampere terukur saat motor dijalankan. Perhatikan Ampere spesifikasi motor dan catat setiap pengukuran beban Ampere dan pastikan kapasitas ampere inverter anda cukup menahan beban ampere maksimal motor.

3. Tambahkan rangkaian relay sebagai control kecepatan Low, Medium dan High pada saat anda set kecepatan motor sesuai keinginan Anda . Relay ini bisa digerakkan dari input manual berupa tombol ataupun digerakkan dari PLC melalui layar komputer Anda atau layar touchscreen.

4. Selalu usahakan pemisahan antara kabel power dan kabel kontrol. Dan perhatikan kabel grounding encoder anda jika anda melakukan instalasi inverter dengan system loop tertutup. Ingat jumlah pulsa yang dibangkitkan oleh encoder adalah cukup peka dengan pegaruh tegangan dan system grounding anda.

Jika informasi ini kurang lengkap dan membutuhkan penjelasan secara praktek, serta mendapatkan teknis produk Inverter, silahkan mengisi data dalam form berikut sehingga Anda akan mendapatkan informasi GRATIS !!! tentang :

Informasi produk Inverter, Instalasi dan Setting
• Cara menjual Inverter dari Aspek Teknis
• Cara mandapatkan Kursus atau Program Tranning Instalasi Panel
   dan panduan troubleshooting inverter

Atau bisa menghubungi 081218127854 atau klik disini
Instalasi Panel Inverter pada Mesin Chiller SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: