Wednesday, September 9, 2020

Peluang Budidaya Tanam Porang

 Porang itu tanaman umbi umbian yang diambil kandungan glokomanan dan bagus untuk penderita diabetes, kegemukan, atau jantung. Glukomanan dari porang  juga dipergunakan sebagai campuran mie, daging dan nasi shirataki. 

Potensi market sangat menjanjikan. Harga tepung glukomanan bisa mencapai Rp 220 ribu per kilo pasar eksport. Pasar lokal Rp. 165 ribu perkilo. Tahun 2018 indonesia eksport chips porang 254 ton senilai 13.1 milyard. Dan tahun 2019 eksport chips 13.560 ton atau senilai 699,4 milyard. 

Peluang bagi yang ingin memanfaatkan lahan nya sebagai lahan usaha. lihat video ini... https://youtu.be/t1Yn1WHctcs

Perbedaan Tanam Porang dan Padi 

Dua komoditas pangan yang sama tapi berbeda habitat.  Padi dalam satu hektar bisa menghasilkan  maximal 7 Ton sekali panen dalam 3 bulan, sehingga satu tahun full tanam Padi dengan irigasi yang baik akan menghasilkan 21 Ton gabah basah dalam 3 x panen, jika dua tahun maka akan menghasilkan 42 Ton gabah basah. Porang dalam satu hektar 40,000 pohon, rata rata dalam dua tahun bisa  menghasilkan 2 kg per pohon, sehingga bisa diartikan hasilnya adalah 80 Ton umbi basah dalam dua tahun.

Dari sisi berat/tonase porang bisa menghasilkan nyaris 2 kali lipat dari Padi, dalam kurun waktu dua tahun. Jika harga per kilo Porang sama dengan gabah basah yaitu 4,000 rupiah per kilo, maka hasil tanam Porang nilainya tetap nyaris 2 kali lipat dari hasil tanam Padi. Sedangkan harga Porang basah dalam panen raya tahun 2020 adalah 10,000 per kilo.

Maka banyak petani pemula dan petani dadakan ikut menanam porang, juga banyak petani kawakan beralih menenem Porang. Uniknya habitat tanaman porang adalah di lahan pekarangan di bawah naungan tanpa irigasi, dataran rendah maupun dataran tinggi dibawah 700 mdpl, hanya mengandalkan air hujan saja sepanjang musim..

Masihkah anda ragu untuk tanam Porang? Masihkah anda membiarkan tanah pekarangan punya anda menjadi lahan tidur yang tak produktif ? Jika anda masih ragu jadilah penonton yang baik dan merenung santai sambil ngopi.. Jika tertarik pelajarilah dulu sebelum menanam, tidak usah buru buru menanam, karena Porang punya siklus tanam satu tahun satu kali.. Jika tertarik dengan porang silahkan kontak 088296572573 atau bergabung ke group facebook PORANGSUWEG disini 

semoga bermanfaat !!



Peluang Budidaya Tanam Porang SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: