Sunday, June 7, 2015

Perbaikan Fire Alarm Simplex

http://alfaperkasaengineering.com/firealarm.htm
Sebelum melakukan perbaikan sistem MCFA dan melakukan pencarian kerusakan sistem alarm maka yang perlu diketahui terlebih dahulu macam kerusakan yang terjadi. Kerusakan pada sistem MCFA ditandai dengan beberapa tanda serius yaitu sistem MCFA tidak bisa di "RESET" untuk membuatnya normal kembali.

Apabila hal ini terjadi maka dipastikan sistem ( baik card, atau sensor ) sedang mengalami masalah. Dan langkah penanganannya adalah dengan melihat " error message " yang muncul pada layar monitor. ( bisa dilakukan pada MCFA Addressable ).  Dari error message tersebut bisa kita lakukan trace / pelacakan dimana sebenarnya letak penyebab false alarm. Error message yang muncul merupakan indikator dimana letak permasalahannya. Coba lakukan pelacakan secepatnya. Berikut error message yang sering muncul :

"Bad Answer" - merupakan kejadian karena sistem tidak bisa melacak keberadaan perangkat card pendukung atau bisa dikarenakan card tidak terinstall dengan baik. Bisa juga disebabkan oleh komunikasi data ( kabel ) yang bermasalah.Yang perlu dilakukan , cek terminasi kabel data dan socket socket card yang kemnungkinan terlepas atau kendor. Bad answer juga bisa diakibatkan oleh konfigurasi sistem yang telah diubah ke posisi "dissable" sehingga card tidak bisa terdeteksi oleh sistem MCFA.

"No Answer" - merupakan kejadian bahwa cards mengalami masalah sehingga tidak memberikan respon balik saat sistem MCFA melakukan komunikasi ke semua loop. Kerusakan cards tersebut karena cards tidak berfungsi untuk mereima sinyal input, atau mengirimkan sinyal output ke MCFA. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara ( untuk sementara ) mengganti dulu dengan cards lain yang terlebih dahulu "address" diubah sesuai dengan "address" yang mengalami kerusakan.

Perbaikan sistem fire alarm merupakan bagian yang penting disaat sistem tidak lagi berjalan sebagaimana mestinya. Beberapa kerusakan bisa saja terjadi dari sistem alarm yang tidak berfungsi semestinya. Antara lain :
  • sensor 
  • Sistem Power Suplai 
  • Motherboard 
  • CPU
  • Phone card 
  • RS232 communication cards
  • Expansion Card 
  • dan lainnya yang terkait sebagai modul input maupun output.
Namun pada beberapa kejadian bukan lagi per part sistem yang mengalami kerja tak normal. Namun dalam skala sistem fire alarm yang satu sama lain saling terkait. Kontak 088296572573 untuk info lebih detail

Beberapa kerusakan perangkat kontrol fire alarm  dan memerlukan perbaikan antara lain :
1. Analog Module 4-20 mA.

Beberapa kerusakan perangkat modul addressable ini biasanya diakibatkan oleh tidak berfungsinya signal penerima data dari sensor input sebagai dampak dari sistem grouding yang kurang baik.
Untuk memastikan rusak tidaknya modul card analog hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara melakukan test dummy ( jika tidak memiliki alat kalibrator )

Kerusakan sistem grounding sangat berpengaruh pada sistem pengakabelan / jalur kabel dari panel kontrol ke unit sensor. Oleh karena itu cek kembali kondisi kabel dengan pengecekan dengan megger untuk mengetahui kondisi kabel. Dikawatirkan kabel sdh tidak bisa lagi bersifat penghantar namun sudah berubah menjadi beban capacitif saat terkena petir.

2. Kerusakan sensor.
    Ada beberapa macam sensor untuk modul MCFA diantaranya sensor smoke detector, sensor heat, sensor gas, atau sensor temperatur. Untuk memastikan kerusakan pada sensor maka bisa dilakukan test dengan cara dummy. Yaitu dengan cara jumper tahanan sebesar 10K Ohm pada terminal V 24 dengan ground ( nol).

3. Sistem isolasi dan pengkabelan.
    Sistem pengkabelan yang buruk juga bisa mengakibatkan short circuit ke perangkat elektronik dan berdampak buruk pada card. 
Perbaikan Fire Alarm Simplex SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: