Saturday, June 20, 2015

pembuatan mesin conveyor heating box

Salah satu mesin pengering industri banyak dipakai berbagai keperluan seperti pengering biji-bijian, makanan, dan aplikasi lain seperti proses rolling rambut palsu. Mesin heating box dengan conveyor berbeda dengan heater box dalam beberapa hal terutama dari efek pemanasan dan waktu yang dibutuhkan saat pemanasan terjadi.



Konstruksi mesin heater box terdiri dari kontruksi mekanis dan elektris ( terutama panel kontrol ) yang bisa dirinci berikut :
1.Inverter  : merupakan kontrol speed motor yang menggerakkan belt conveyor
2.Motor 3 phasa : merupakan perangkat elektromotor yang terkait secara mekanis dengan roll yang terkait dengan gear box atau tanpa gear box.
3. Heater Coil : merupakan media pemanas dengan menggunakan listrik baik 3 phase maupun 1 phase dengan level panas yang dikendalikan melalui sebuah sensor temperatur secara otomatis.
4. FAN : merupakan stabilizer panas yang dikontrol dan digerakkan secara otomatis mengikuti level panas.
5. Roller. : merupakan bagian mekanis yang menyangga belt conveyor dan biasanya terkoneksi secara mekanis dengan rantai. Namun pada konstruksi heating box conveyor penggunaan ro9ller jelas berkurang dan digantikan dengan plat yang menyalurkan panas dalam box conveyor.
6. dan lainnya

Pembuatan box heater conveyor harus memperhatikan beberapa prinsip pengendalian panas dalam ruang box conveyor. Heater dipasang pada beberapa titik dalam box conveyor sesuai dengan kondisi level panas yang diinginkan. Heater bekerja secara otomatis ON dan OFF mengikuti setting temperatur sensor , besarnya tergantung panas yang dirancang sesuai kebutuhan. Heater bekerja secara teroordinasi dengan Fan pendingin yang ON/OFF dari kondisi level temperatur. Sedangkan kecepatan conveyor akan diatur melalui inverter. Disaat temperator LOW maka inverter bisa disetting dengan kecepatan LOW dan sebaliknya Inverter akan di set High Speed jika temperatur pada level HIGH. Atau sebaliknya sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa perangkat kontrol juga disiapkan antara lain :
1. Magnetic Contactor sebagai pengendali hidup matinya motor dan sebagai pengendali power saat mesin akan dihidupkan.
2. Temperatur controller : yang dipergunakan untuk setting temperatur low atau high
3. Buzer dan Rotary Lamp : sebagai signal alarm saat terjadi kondisi tertentu yang diinginkan.
4. material lain sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat.
Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan menghubungi ke HP 087805401860 atau kirimkan email ke  admin@alfaperkasaengineering.com  
pembuatan mesin conveyor heating boxSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: