Thursday, August 1, 2013

Aplikasi Data Logger dalam Proses Industri



Dalam seluruh aktivitas proses produksi pabrik, pendataan parameter mesin  sering dilakukan dengan cara manual dengan cara mengisi form manual harian, atau mingguan berisi seluruh data teknis peralatan mesin yang dipergunakan untuk data analisa produksi dan evaluasi performa mesin. Atau secara statistik pihak PPIC membuat analisa DMAIC ( Define, Measure, Analysis, Improve, and Control ).

Tujuan yang hendak dicapai dari pendataan dan monitoring produksi  ini adalah :
  1. Menganalisa jenis defect atau kerusakan yang paling banyak pada hasil produksi.
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya cacat pada hasil produksi yang memiliki cacat yang tinggi. 
  3. Menganalisa bagian / unit mesin yang telah mengalami kerusakan atau kesalahan setting.
  4. Mengusulkan perbaikan untuk mengurangi jumlah cacat pada hasil akhir produksi.
Semua aktivitas pendataan parameter ini dimaksudkan untuk alasan memperkecil terjadinya cacat / reject yang diakibatkan oleh faktor material, manusia dan peralatan / mesin serta faktor metoda pengendalian kualitas ( Total Quality Management ) secara keseluruhan.

Namun sekarang sudah berbeda, dalam fasilitas manufaktur dan proses pabrik, data logger sekarang digunakan sehari-hari untuk pengukuran dan perekaman data parameter kritis yang dilakukan secara real time dan otomatis dengan menggunakan modul controller. Sebagai contoh, gambar diatas adalah sebuah sistem kontrol dan monitoring temperatur pada mesin produksi keramik. Pengendalian temperatur untuk tiap sisi dan tahap proses membutuhkan tingkat pengamatan data yang akurat dan kontinyu.


Data utama aplikasi logger meliputi setting waktu pemanasan ( heating time ), temperature maximum dan minimum, serta kecepatan conveyor saat melewati pemanas keramik. Pada proses produksi keramik ini, monitoring temperatur menjadi titik kritis yang sangat menentukan kualitas hasil produksi keramik yang dihasilkan.

Instalasi dan peralatan sistem data logging. 

Untuk keamanan peralatan sensor dan unit data logger maka modul harus terlindung dari faktor-faktor penyebab kerusakan seperti panas sekeliling, dan debu. Di pabrik proses logger data dengan input pulsa digital dan dapat digunakan untuk mencatat waktu mesin dijalankan, down time, dan output produk yang nantinya dapat digunakan untuk analisis statistik efisiensi produksi. Dalam beberapa aplikasi data logger sekarang  beroperasi sampai 85 derajat C. Penempatan Data Logger dalam panel instalasi hanya memerlukan sedikit ruang sehingga logger data sehingga didesain  kecil dan ringan. Kondisi lingkungan yang kritis merupakan pertimbangan  agar data logger tahan terhadap suhu tinggi dan kelembaban sehingga data logger yang dipilih harus tahan air dan memiliki temperatur operasi yang tinggi.

Dalam proses produksi keramik sistem logging dapat  menggunakan sensor atau PLC dengan output serial Modbus.  Sensor-sensor  untuk temperatur, sensor kecepatan motor, dipasang sebagai input analog ke PLC. Oleh karena itu  dalam beberapa tahun terakhir model dengan input analog data logger Modbus telah banyak muncul untuk memenuhi kebutuhan ini. Dengan kelebihan sistem Modbus modul telah dikombinasikan dengan beberapa input  tambahan untuk lebih meningkatkan saluran I / O dan juga menghitung jaringan data logger input dan output di pabrik. Seringkali data logger perlu dipasang berjauhan dari pabrik pengolahan jauh atau dari daerah produksi utama. Dalam hal ini logger data dengan modem radio merupakan pilihan atau pilihan lain dengan menggunakan jaringan LAN  akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan sistem data logger ke jarigan komputer.

Dengan sistem data logger maka proses pencapaian produksi dapat dianalisa secara  real time terhadap proses yang terjadi dalam mesin produksi. Berikut contoh tabel analisa hasil produksi:



Penggunaan Data Logger untuk Ramalan Cuaca.
Pabrik Farmasi, penyulingan dan kilang minyak juga memiliki banyak aplikasi logger data dalam proses pengukuran. Logger data yang digunakan dalam lingkungan tidak hanya perlu kuat dan tahan cuaca, tetapi juga secara intrinsik aman.  Saat ini hanya beberapa jenis data logger yang tersedia dengan keselamatan intrinsik, sebagian besar untuk pengukuran suhu, kelembaban dan tekanan.


Dengan meningkatnya tingkat otomatisasi dan pengurangan daya manusia di pabrik manufaktur dan proses teknologi data logger akan terus memainkan peran penting dan berkembang dalam industri pengukuran, akuisisi data dan analisis statistik.

Semoga bermanfaat !!! 
Aplikasi Data Logger dalam Proses IndustriSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: