Monday, July 26, 2010

Kerusakan Inverter - Modifikasi dan perbaikan - Gulung Motor

Inverter merupakan peralatan yang banyak dipakai dalam aplikasi-aplikasi industri seperti UPS , dan Variable Speed Drive sebagai pengaturan kecepatan motor-motor pompa industri. Inverter pada UPS diciptakan dalam rangka penciptaan energi listrik ( tegangan DC ) cadangan pada saat energi PLN putus. Sedangkan pada Variable Speed Drive, Inverter diciptakan dalam rangka penghematan energi yaitu dengan memanfaatkan pengontrolan frekwensi  ke dalam  gulungan motor sehingga menghasilkan putaran yang diinginkan dengan kebutuhan. Teknologi inverter juga  telah banyak dikembangkan juga untuk beberapa aplikasi seperti mesin pendingin rumah / mesin AC.


Beberapa aplikasi inverter merupakan penemuan teknologi IGBT yang dilengkapi dengan  microcontroller difungsikan sebagai pengendali pengubahan tegangan. Teknologi rectifier dan inverter pada UPS terus berkembang dengan lebih cenderung memanfaatkan teknologi elektronika yang mampu mengurangi kelemahan putus nyambungnya listrik PLN dibandingkan dengan generasi UPS sebelumnya.  Generasi UPS sebelumnya lebih cenderung mengandalkan  sumber daya batterai / aki sebagai saat listrik PLN mati sehingga baterai cepat rusak.  Berbeda dengan UPS generasi /level 9  "smart UPS" yang sudah dibuat sekarang yang mempunyai kontrol dan monitor gejala suplai PLN atau kerusakan akibat under / overvoltage pada PLN.

Sistem Charging pada Battery.
Sistem charging " proses penyimpan energi" ke baterai dapat dimodifikasi  dengan Microcontroller untuk mendapatkan informasi penting UPS. Sistem charging tenaga cadangan dari battery ini seringkali bermasalah baik dari aki sendiri, dimana sistem charging / proses charger yang tidak bekerja baik, atau sampai sistem deteksi kerusakan baterai yang tidak ada / tidak disertakan oleh pembuatnya. Baterai sebagai penyimpan cadangan energi harus selalu termonitor dalam beberapa hal seperti level tegangan / low level ( drop tegangan sebagai akibat overload ataupun kondisi aki sendiri), serta sistem charging. Tidak bisa dihindari, aki akan rusak akibat sistem kontrol yang tidak bekerja akan menambah kerusakan pada kerusakan UPS secara langsung atau tidak langsung.   

Beberapa kerusakan awal pada aki biasanya dimulai dari perangkat kontrol elektronik yang ada dalam modul kontrol UPS diantaranya :
  • tidak tersedianya proteksi short circuit dan overload pada modul kontrol. TVS dioda sebagai pengaman shor circuit tidak selalu disertakan dalam modul kontrol UPS. Semakin mahal UPS akan semakin baik sistem proteksi gangguan dan monitor kerusakannya. Pastikan kontrol pengaman dibuat lebih baik lagi untuk proteksi short circuit.
  • tidak tersedianya sistem auto shutdown inverter saat beban nol. Kebanyakan sistem shutdown dilakukan secara manual oleh petugas. Namun beberapa pihak pemakai UPS telah mengerti hal ini dan menambahkan alat tambahan auto shutdown atau sengaja membeli UPS dengan dilengkapi sistem auto shutdown
  • sistem instalasi yang tidak aman, dan seringnya gangguan listrik PLN yang mempengaruhi sistem charging dan loading UPS pada beban. Ketidakstabilan PLN harus disikapi dengan membuat sistem management power UPS yaitu dengan membuat beberapa UPS bekerja secara bergantian atau melalui schedule operasi yang tertata dengan baik. UPS yang bekerja sendiri untuk membackup power pada sistem yang overload "beban lebih" akan cenderung lebih cepat mengalami kerusakan. 


Aplikasi Inverter pada  motor pompa industri. 



Fluktuasi daya beban motor ( akibat motor / compressor pada AC yang sudah tidak baik lagi )  sering tidak terkendali dan berdampak pada resiko peralatan dan beban biaya tinggi yang harus ditanggung. Microcontroller dibuat sebagai salah satu solusi kontrol fluktuasi sehingga diperoleh tegangan, arus, atau frekwensi yang lebih stabil  dengan cara melakukan peredaman fluktuasi sesuai yang diinginkan. 

Microcontroller mengambil data temperatur pada unit AC dan melakukan pemrosesan data untuk kemudian mengatur induksi gulungan motor pada  compressor sesuai dengan kebutuhan. Inilah yang kemudian memunculkan pengertian tentang penghematan energi. Dimana  putaran gulungan compressor bisa dikendalikan  sesuai setting dan disesuaikan dengan temperatur yang terukur. Pada saat temperatur rendah ( misal 2 derajad Celcius ) maka kecepatan motor compressor tidaklah akan sama dengan kecepatan putaran motor pada temperatur tinggi ( misal 10 derajad Celcius ).

Artikel terkait inverter lainnya :  Perbaikan kerusakan Inverter 

Beberapa bagian kerusakan inverter ada beberapa macam.
Jenis kerusakan pada inverter bisa dilihat pada jenis kerusakan pada inverter tersebut. Beberapa diantaranya :
1. Kerusakan Jalur input tegangan AC. Hal ini bisa dilihat pada bagian jalur input Power AC antara lain pada Capacitor sebagai proteksi tegangan lebih, atau biasa sebagai stabilizer tegangan. Transformer sebagai pengatur tegangan input output merupakan proteksi awal pada dioda maupun SCR pada rangkaian control frekwensi 3 phasa.
 
2. Kerusakan tegangan output beban . Kerusakan ini lebih diakibatkan oleh kerusakan pada unit rectifier 3 phasa, dimana output frekwensi yang dihasilkan cacat atau mengakibatkan tegangan output 3 phasa tidak seimbang.
Sebelumnya, kapasitor diletakkan secara seri dengan gulungan bantu dan kemudian paralel dengan belitan utama. Kecepatan disesuaikan dilakukan dengan menempatkan beberapa induktor secara seri dengan gulungan motor.
Dengan perkembangan elektronika daya, konverter daya dapat digunakan
untuk menghasilkan tegangan yang diperlukan. 

Biasanya, tegangan di gulungan bantu lebih tinggi dari yang untuk main winding sehingga tegangan output rectifier plus inverter tidak cukup tinggi. Jika tegangan Doubler digunakan sebagai pengganti penyearah, tegangan bus DC sebesar 2 kali tegangan dc bus. Oleh karena itu, cukup untuk menghasilkan tegangan yang diperlukan. Sistem DC Bus terdiri dari pelipat tegangan dan inverter. 

Repair Inverter dan troubleshooting Panel Inverter 

Prosedure yang biasa dilakukan dalam repair Inverter dan troubleshooting panel inverter  adalah sebagai berikut :

  • Teknisi akan menganalisa kerusakan pada inverter atau VFD atau VSD terlebih dahulu.
  • Pihak teknisi akan memberikan penawaran jasa atau service atas spare part sesuai dengan kerusakan item melalui email atau Whatsapp. 
  • Teknisi akan melakukan perbaikan ( service / repair ) terhadap Inverter, electronic controller apabila telah mendapatkan persetujuan dari anda atau telah menerima PO ( purchase order ) melalui email atau whatsapp.
  • Teknisi akan mengirim kembali inverter anda setelah repair dalam keadaan baik dan teknisi akan memberikan garansi selama paling tidak 3 bulan / sesaui kesepakatan. 


http://solojayeteknik.com 

Gulung Motor 1 Phase dan 3 Phase 


http://solojayateknik.com

Jika anda mencari jasa servise dan rewinding electro motor di dekat kota anda atau hanya ingin repair motor listrik lainnya seperti motor rewinding, repair motor generator, repair transformer, insulation, field coil, electrical motor, electri motor service, electric motor sales, troubleshooting motor dan kontrol panel, electric motor rewind, dynamic balancing, dcc motor, armatur, ac motor maka  carilah teknisi atau perusahaan yag punya pengalaman dalam bidang industri dan paham troubleshooting kontrol motor ataupun generator. Kontak 088296572573 untuk info lebih detail 



http://solojayateknik.com

Semoga bermanfaat !!
Artikel terkait Inverter : Perbaikan Kerusakan Inverter 
Kerusakan Inverter - Modifikasi dan perbaikan - Gulung Motor SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: