Sunday, July 5, 2020

cara membuat kontrol panel otomatis

Alat ukur dan sensor tidak bisa dilepaskan dari panel listrik. Untuk membentuk kerja sebuah mesin diperlukan perangkat sensor yang mendeteksi beberapa hal termasuk
- sensor arus
- sensor tegangan
- sensor temperatur
- sensor tekanan
- sensor kelembaban udara
- sensor kekentalan humidity
- sensor kecepatan
- sensor level
- dan lain lain

Masing masing sensor terbentuk dalam rangkaian elektronik yang dikenal dengan nama transmitter.. Sebagai contoh sensor tekanan akan dikenal dengan nama pressure transmitter... Sensor level akan dikenal dengan nama level transmitter...

Masing masing transmitter mempunyai input baik berupa arus atau tegangan sebesar 4-20mA atau 0-10 volt DC. Namun pada perangkat microcontroller sering menggunakan input tegangan 0-5 Vdc.

Output dari transmitter akan dipakai sebagai sinyal input untuk proses berikutnya seperti input ke variabel speed drive atau VFD atau sebagai sinyal actuator ke perangkat relay atau sekedar ditampilkan ke layar monitor ataupun LCD.

Penggunaan sensor sensor dalam industri kontrol harus disertakan untuk menambah nilai dan memperkuat penawaran sebuah proyek...

bagaimana dengan kontrol capacitor otomatis ?
Untuk pemasangan alat hemat listrik sebaiknya jangan dipasang langsung ke colokan listrik. Namun sebaiknya melalui penggunaan Magnetic Contactor Atau Relay. Kenapa..?

Relay atau Magnetic Contactor dipakai sebagai switch On Off Otomatis saat pompa air, kulkas, mesin cuci, mesin AC dihidupkan.

begini alasannya ..
Magnetic contactor dipakai sebagai kontak on off yaitu mengaktifkan mana mana capacitor yang akan dipasang ke jaringan listrik. Kontaktor / relay secara otomatis di program di microcontroller..  Dengan mengaktifkan capacitor yang tepat masuk ke jaringan diharapkan akan mengendalikan arus jaringan dan memperbaiki faktor daya..

Capacitor yang diaktifkan ke jaringan sdh dihitung dulu agar cocok dengan beban yang berjalan tiap tiap jam melalui kontak on off dan diaktifkan oleh program microcontroller. Microcontroller menggunakan sensor tegangan dan arus pada jaringan tiap tiap jam akan memerintahkan kontaktor / relay mana off mana on sesuai beban tiap jam..



Capacitor sangat disarankan dipakai untuk beban induktif spt gulungan compressor kulkas.. Pompa air atau mesin cuci.  Kalau capacitor dipasang pada beban spt water heater atau seterika ya tidak ngaruh. Malah membebani.  Ini harus dipahami dulu untuk jangan pasang kapasitor asal pasang.. Dan selalu dihitung dulu jumlah beban induktif iya.. Baru dihitung berapa besar kapasitor yang akan dipasang. Dan lagi... Jangan sembarang pasang kapasitor kalau gak paham hitungan dan teknis instalasinya...

https://youtu.be/jgjWvy6HKQ0


Selamat bekerja.
tutorial dengan video :
https://youtu.be/YmYtmbqYq90

cara membuat kontrol panel otomatis SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: