Wednesday, November 6, 2019

petunjuk rangkaian panel limit switch

Kasus berikut adalah sebuah rangkaian listrik yang melibatkan komponen listrik seperti tombol push button, relay 220 Volt, limit switch dan motor listrik 3 phasa 220 Volt. Saya akan menjelaskan
bagaimana sebuah motor listrik akan aktif saat tombol push button ON ditekan dan motor berhenti saat menyentuh limit switch. Untuk mendapatkan rangkaian dengan limit switch maka gambar rangkaian saya perlu modifikasi dengan tambahan sebauh limit switch yang fungsinya memutuskan aliran listrik sehingga motor berhenti. Perhatikan gambar berikut.

http://alfaperkasaengineering.com/youtube/youtube.htm

Proses kerja dari wiring tersebut saya jelaskan dalam rangkaian listrik seperti berikut.

Wiring SEBELUM ada Limit Switch.
Untuk mengaktifkan magnetic contactor maka push button harus  ditekan dan akan mengaktifkan relay R1 sehingga contact point relay R1 yang semula NO akan menjadi NC yang kemudian terjadi locking dan juga akan mengaktifkan magnetic contactor.

Apabila diinginkan mematikan magnetic contactor maka push button OFF (posisi NC ) harus ditekan dan akan memutus suplai listrik ke relai dan sekaligus mematikan suplai listrik ke magnetic contactor.

http://alfaperkasaengineering.com/youtube/youtube.htm


 Wiring SETELAH ada Limit Switch.
Pada rangkaian SETELAH ditambah Limit Switch, maka apabila diinginkan mematikan contactor maka yang perlu dilakukan adalah dengan menekan push button OFF. Maka magnetic contactor akan OFF.

http://alfaperkasaengineering.com/youtube/youtube.htm


Namun akan lain kondisinya jika ditambahkan sebuah limit switch. Selain untuk memutuskan aliran listrik dan mematikan magnetic contactor, limit switch disini juga juga sebagai pengganti push button
OFF untuk memutuskan / mematikan aliran listrik ke magnetic contactor. Penambahan limit switch selain sebagai rangkaian safety saat push button tidak kita pakai atau tidak berfungsi. Artinya limit switch sebenarnya juga bisa berfungsi sebagai pemutus aliran listrik. Bahkan tidak memerlukan campur tangan orang untuk mematikan, namun secara mekanik akan memutuskan sendiri apabila posisi gerakan motor listrik menyentuh limit switch.




petunjuk rangkaian panel limit switchSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: