Friday, July 6, 2018

Web Base Monitoring Control HVAC

Penggunaan Web Base remote kontrol pada HVAC pada suatu gedung merupakan terobosan preventive maintenance dengan pemanfaatan teknologi komunikasi data jarak jauh lewat internet.Era teknologi bisa dimanfaatkan dalam hal preventive maintenance melalui monitoring unit-unit utility lain seperti generator, diesel pump, electrical pump dan sebagainya dengan melalui komunikasi data jarak jauh Web Base guna mendapatkan data data operasional unit dengan tujuan menjaga performance unit secara lebih real - transparant - low cost dan informatif.



Beberapa parameter penting untuk dipantau secara web base remote pada unit HVAC sangat banyak berhubungan dengan
1. Ampere motor compressor,
2. Low High Suction Pressure
3. Tingkat kebocoran udara dan effisiensi chiller
4. load performance
5. Water Flow Rate
6. Water Temperatur Inlet Outlet
7. Temperature Tubing dari Heat Transfer
8. refrigerant leak and level

telah mengubah model sistem preventive maintenance dari pemantauan kondisi secara manual ( pendataan kondisi mesin harian / mingguan ) ke sistem / model Web Base Monitoring. Seperti diketahui dampak negatif paling sering didapati dari pemantauan / monitoring HVAC yang dilakukan secara manual adalah tingginya biaya pelaksanaan / operasional unit mesin berada di ketinggian gedung yang harus dijangkau dengan lift. Dan ini memunculkan pemborosan energi listrik. Selain itu dampak negatif lain pengecekan secara manual adalah sifat ketidakkonsistenan pekerjaan pemantauan system secara keseluruhan.



Prinsip dasar Kontrol Monitoring Remote Web Base
Pemantauan dan pengoperasian unit HVAC secara manual terkadang kurang informatif dikarenakan  keterbatasan informasi baik dari operator staff ataupun unit system itu sendiri yang tidak dilengkapi dengan sistem kontrol monitoring yang bisa memberikan informasi secara cepat ke tangan maintenance ataupun jajaran management.

Langkah penting mengatasi keterbatasan informasi unit tersebut adalah melalui pembuatan sistem remote database  dalam unit server remote yang akan  difungsikan sebagai
- unit Server yang memberikan informasi real, cepat dan informatif
- sistem informasi yang memberikan data laporan harian kerusakan / daily maintenance, dan hystorical report  - sebuah sistem yang mampu bekerja memberikan data alarm/ kerusakan secara visual, e-mail otomatis
- sebuah server yang membantu menginformasikan titik titik kritis  HVAC  sebagai bahan evaluasi perbaikan ataupun preventive maintenance.

Pembuatan system mini-remote HVAC

Pembuatan sistem monitoring chiller - ahu dilakukan dengan tujuan mendapatkan data data operasi unit mesin, memeriksa kondisi unit mesin, dan melakukan analisa kinerja dan performace unit sehingga akan didapatkan effisiensi kerja mesin serta mendapatkan peningkatan kinerja unit mesin, serta menurunkan tingkat pemakaian energy listrik..



 Semoga bermanfaat !!
 Artikel terkait :
- Sistem monitoring asset industri dan gedung 
- Pembuatan kontrol remote monitoring system hydrant ..
Web Base Monitoring Control HVAC SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: