Wednesday, February 28, 2018

Kontrol Pompa dan Genset Jarak Jauh GSM / GPRS

Sistem kontrol dan monitoring tidak lagi menggunakan sistem lama yang "terbatas " pada panel lokal saja. Banyak penggunaan sistem komunikasi data sangat berkembang dan terus dipergunakan sebagai sistem komunikasi , kontrol dan data logger.
Sistem kontrol "status" mesin baik pompa atau genset sering kali kurang diperhatikan bagi pihak pihak yang kurang memahami fungsi kontrol monitoring  dengan menggunakan kontrol jarak jauh baik lewat GSM/GPRS, atau gelombang Radio. Beberapa fungsi kontrol jarak jauh seperti kontrol on off menjadi kebutuhan paling dasar. Namun sesuai tuntutan kebutuhan sistem monitoring data temperatur, status trip mesin, level tank bahan bakar, level baterai, dsb... kegunaan sistem komunikasi data jarak jauh sdh tidak bisa ditolak lagi kegunaannya.
 
http://alfaperkasaengineering.com/genset.htm 

Pembuatan sistem kontrol monitoring data jarak jauh GSM/GPRS dapat menurunkan biaya operasional maintenance dimana jumlah kunjungan ke area lokasi mesin atau field tidak lagi dengan datang langsung tetapi menggunakan sistem komunikasi data jarak jauh GSM/GPRS. Dan dengan sistem monitoring ini "status mesin" dapat termonitor selama 24 jam penuh tanpa campur tangan petugas. Pada saat bersamaan data status mesin dapt diketahui ke personal tentang kondisi terkini dari operasional mesin. 
Pada beberapa catatan di kejadian di lapangan sangatlah sulit mengkoordinasikan status mesin di lapangan terutama posisi mesin berada jauh dari area perkotaan ( misal di hutan atau di pegunungan ). Hal ini sering juga dialami pada instalasi mesin genset di tower tower BTS yang berada di jauh pelosok gunung atau desa, Kehadiran monitoring sistem kendali jarak jauh menjadi sangat vital untuk dikembangkan sebagai kontrol panel  lokal dan controll room jarak jauh.



Kontrol Pompa dan Genset Jarak Jauh GSM / GPRS SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: