Tuesday, January 10, 2017

Pembuatan Plant Remote Control dan Monitoring Jarak Jauh Lewat Website



Pembuatan remote control monitoring jarak jauh dengan menggunakan fasilitas website sangat memudahkan pemantauan kondisi dan situasi baik untuk aplikasi home automation ataupun industrial automation. Data-data secara langsung dapat dikontrol sekaligus dapat dilakukannya setting jarak jauh tanpa ke lokasi secara langsung. Sistem komunikasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa penggunaan fasilitas GSM atau dengan menggunakan satelit dimana kejadian nyata dapat dilihat didepan mata dengan menggunakan handphone atau layar monitor.

Jika kita menginginkan asset-asset penting termonitor dan bisa sekaligus mengendalikan dari komputer jarak jauh atau handphoen maka keuntungan dapat dilipat gandakan dibanding dengan menggunakan kontrol lokal seperti  pada umumnya.  Beberapa pengontrolan sekaligus monitoring dapat berupa hal-hal diantaranya :

  • kontrol start stop pompa atau motor listrik atau mesin diesel dapat dilakukan dari jarak jauh. Hal ini biasanya diterapkan pada mesin-mesin pompa PDAM, mesin pompa diesel di area perkebunan dll.
  • monitoring temperatur lingkungan, tekanan pipa PDAM, kWh meter, ataupun monitoring tegangan batterai pada panel surya dan lain sebagianya yang dimonitor dari website.
Pembuatan sistem monitoring dan kontrol jarak jauh untuk memonitor data-data dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa perangkat seperti terlihat pada konfigurasi sistem pada gambar berikut.

 Data-data dapat disimpan baik local ataupun pada server web melalui penggunaan PLC atau microcontrol melalui php mysql database. Data-data dapat merupakan data pengukuran lapangan dan data kondisi system yang terkirim ke webserver ataupun ke smartphone berupa sms report tentang kondisi perangkat kontrol.  Data-data dapat diakses secara web online dan melalui penggunaan sistem web ataupun HMI Scada dapat dilakukan pula pengendalian jaraj jauh pada site.

Melalui setting schedule waktu start_time dan end_time maka jadwal operasi system dapat ditentukan dengan mudah melalui penggunaan web server ataupun melalui koneksi internet baik dengan PC online ataupun Smartphone / PDA internet connection.  Scheduling sangat bermanfaat dalam effisiensi operational, energy dan perencanaan operasional yang lebih baik.
Agar tidak terlampau sulit memahaminya, berikut contoh aplikasi remote jarak jauh yang bisa memberikan penjelasan detail apa sebenarnya remote web dan apa saja penerapannya dapat dilihat dengan user ID dan password pada link website  berikut KLIK DISINI . (gunakan user id = 9 dan  password = 9 ).

Semoga bermanfaat !!
Pembuatan Plant Remote Control dan Monitoring Jarak Jauh Lewat WebsiteSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: