Monday, May 2, 2016

Otomatisasi dan Monitoring Chiller

Tidak semua unit chiller / AHU dan HVAC dilengkapi dengan sistem monitoring ke unit pengendali pusat. Hal ini menyangkut beberapa pertimbangan yang dibuat oleh pihak produsen dan pihak user sebagai pemakai unit bersangkutan. Produsen unit bisanya telah membuatkan sistem kontrol yang pada wiring dan design system yang dilengkapi dengan sistem interkoneksi atau jalur komunikasi protocol untuk kelengkapan data / system monitoring. Disamping itu produsen juga telah membuat system kontrol yang sudah cukup mewakili system unit pengendali yang otomatis.

Namun ada beberapa  pertimbangan lagi bagi system / unit yang sudah dibuat. Artinya ada kebutuhan yang mendesak yang pihak konsumen yang tidak selalu dibuat secara effektif. Berikut beberapa system kontrol monitoring tambahahan yang perlu dilakukan dan alasannya.

1. Unit Chiller, AHU, HVAC perlu tindakan monitoring yang otomatis ( tanpa operator ), real time, dan effisien ( baik operasional, waktu, ataupun biaya ) dalam hal monitoring data temperatur, tekanan, atau oil temperature " setelah unit tidak lagi bekerja secara baik " atau ada kebutuhan sistem kontrol lain yang diperlukan.


Hal ini dilakukan pada beberapa client yang terjun dalam bidang perhotelan atau mall dengan tingkat monitoring yang tinggi.

2. Ada perhitungan dalam management yang sangat mendesak dalam hal yang berkaitan dengan effisiensi energi. Mengingat seluruh system dari unit perlu dimonitor secara baik untuk melakukan penghematan energi. Bagian-bagian kontrol unit yang perlu untuk dilakukan effisiensi energy adalah seperti gambar berikut.


  • Humidity and temperatur monitoring  control 
         Sensor humidity temperatur merupakan sebuah perangkat pengendali kadar udara dan temperatur dalam ruang / jalur yang sangat penting untuk menjaga kondisi kadar udara sesuai kebutuhan dan sebagai tindakan menjaga kualitas udara. Sensor akan terhubung dengan perangkat interface yang akan mengaktifkan baik blower motor ataupun unit mesin dalam menjaga kualitas udara dan ditampilkan dalam layar LCD ataupun komputer. 



  • Water Heater, Level Controller dan Temperatur Unit. 
Water Heater merupakan bagian penting dalam plant pengendali temperatur selain untuk tujuan biaya dalam hal pengelolaan kebutuhan air dan sebagai tindakan effisiensi energi. 


Semoga bermanfaat !!!
Otomatisasi dan Monitoring Chiller SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: