Thursday, March 24, 2016

Building Automation System tidak harus mahal

Beberapa kali mengamati dan melakukan pekerjaaan automation system untuk gedung atau pabrik, baik berupa kontrol monitoring AHU, Cooling Water, Hot Water, Automatic Schedulling Ligthing, Pump room control and monitoring, ataupun Fire Alarm sistem berbasis komputer ( dengan pemrograman komputer ) dan beberapa permintaan secara langsung dari user ataupun lewat partner kerjasama saya coba mengulas disini beberapa hal penting tentang persoalan pekerjaan sistem building automation /intelligent building automation /smart building automation yang cukup penting dibahas. Coba bayangkan saja jika hal ini tidak diamati secara serius akan muncul beberapa pertanyaan dari user atau pihak terkait tentang persoalan berikut :

1. Pembuatan building automation system ( "smart building system ") terbilang investasi yang cukup dibilang mahal ( bagi beberapa pihak yang memiliki asset yang terbatas. )
2. Pembuatan building automation / smart building system seharusnya datang dengan memberikan solusi dan effisiensi dari produk, harga, ketepatan atau daya guna produk atau sistem yang ditawarkan. Namun seringkali sistem atau produk yang ditawarkan tidak selalu menjawab kebutuhan dan permintaan yang diinginkan ( harga, effisiensi alat / produk, tingkat efektifitas produk dan harga selalu muncul bersamaan dengan kebutuhan atau tepat guna )
3. Building automation system kadang ditawarkan dengan sistem atau produk yang baku dan maaf kadang tidak disesuaikan dengan situasi dan kondisi internal user yang tertarik dengan pemantaan sistem otomatisasi gedung ( BAS ) dan menjadi berbalik tidak tertaik dengan sistem bas yang ditawarkan.
4. dan lain-lain yang bisa terjadi anggapan bahwa building automation belum waktunya dilakukan.


Kenapa hal ini bisa terjadi dan  bagaimana solusinya ?
Sebelum menjawab, coba simak apa saja sebenarnya yang dibutuhkan ketika seseorang menginginkan pembuatan sistem building automation yang meliputi 9 sektor energi seperti digambarkan pada gambar berikut : 


  • pembuatan kontrol monitoring temperatur dan humidity plumbing dan fire alarm sistem  
  • pembuatan scheduling lighting dan ahu
  • pembuatan sistem kontrol monitoring flow baik flow switch pump ataupun flow switch spinkler fire hydrant
  • pembuatan kontrol monitoring temperatur ruang trafo, ruang EDP/ IT, atau ruang LVMDP 
  • pembuatan sistem deteksi kebocoran gas LPG, NH3, CO2, N2, O2 dalam gedung atau pabrik serta kontrol monitoring 
  • pembuatan sistem kontrol monitoring level tangki dan pompa baik untuk pompa air bersih, air kotor atau air untuk pengendalian atau pemadaman kebakaran. 
  • pembuatan sistem kontrol dan monitoring genset ( auto charging atau auto running for emergency case, atau sinkronisasi )
  • pembuatan sistem security, CCTV dan monitoring fire hydrant / fire alarm
  • dan lain-lain
Untuk mencapai kesepakatan atau titik temu antara pemakai ( bicara soal perangkat, keandalan, harga, effektifitas sistem diperlukan pendekatan beberapa hal penting berikut :
  • penawaran produk alternatif yang lebih murah, dengan kemampuan pendukung aplikasi bas.
  •  pembuatan sistem  yang disesuaikan dengan tingkat kondisi dan permasalahan yang ada. Tidak harus semua sistem ditawarkan dengan produk kelas mahal tapi meski disesuaikan dengan kapabilitas alat dan kondisi internal user. 
Sistem BAS / smart building automation memang menarik untuk terus dikembangkan di tiap-tiap gedung secara terintegrasi namun tetap disesuaikan. Pemilihan produk harus tetap jadi pilihan user dengan beberapa spesifikasi teknis yang memenuhi syarat. Spesifikasi perangkat secara umum haruslah memiliki beberapa fungsi kegunaan dengan kemampuan seperti hal-hal berikut :
  • mempunyai kecepatan respon terhadap gangguan dalam menyampaikan data ke control room
  • mempunyai komponen-komponen yang bisa tergantikan dengan produk lain. 
  • mempunyai kemudahan dalam setting konfigurasi apabila digantikan dengan produk lain.
  • mempunyai kemudahan dalam rekonfigurasi, sistem maintenance, dan instalasi. 
  • dan beberapa hal lain..
Untuk mencapai tujuan-tujuan pembuatan sistem bas yang perlu dikembangkan adalah mengenai beberapa pertimbangan berikut :
1. Bas tidak harus mahal dan tidak selalu berupa produk dengan kapasitas hebat, namun kalau bisa kecil dan bermanfaat dan memenuhi level harga yang diinginkan.
2. Bas memerlukan kematangan pembuatan sistem dan harga, serta efektifitas perangkat dari teknisi atau engineer atau consultant yang mengerti perkembangan sistem bas. Alhasil tidak selalu bas itu mahal.

mudah-mudahan bermanfaat !!
Building Automation System tidak harus mahal SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: