Monday, May 4, 2015

kerusakan card fire alarm dan solusinya

Beberapa waktu yang lalu saya bersama dengan beberapa teman seprofesi mendapatkan permasalahan dalam sistem fire alarm di sebuah bangunan dengan sistem fire alarm yang sudah tidak berfungsi lagi. Fire alarm yang dipakai menggunakan jenis addressable dengan salah satu input berasal dari gas detector.
Kalau beberapa waktu lalu saya pernah memberikan cara memperbaiki kerusakan fire alarm pada
interface card, maka permasalahan kali ini lebih saya buka pada persoalan tegangan power DC 24 Volt. Ada apa dengan tegangan 24 Volt DC ? dan bagaimana produsen fire alarm mendesign sistem power suplai.



Ada beberapa masalah yang biasanya sering terjadi trouble pada instalasi power suplai DC 24 Volt system fire alarm, dan saya akan mencoba untuk memberikan solusi bagaimana mengatasi permasalahan tegangan DC ini. Sebelumnya simak kerusakan pada sistem fire alarm berikut ;
  1. kesalahan sistem pengaman tegangan dan grounding pada panel fire alarm. 
  2. kesalahan pada sistem proteksi tegangan transient  pada jalur mapping. 
  3. kesalahan pada sistem maintenance sehingga mengabaikan fungsi panel fire alarm.
  4. ketidaktahuan penggunaan gas detector dan sistem pengaman tegangan.
Sistem fire alarm biasanya dilengkapi dengan beberapa interface card DC module yang berfungsi untuk mengukur dan menampilkan tegangan dan arus dari power suplai, dan sebuah baterai charger yang bekerja secara otomatis mensuplai power DC sehingga fire alarm dapat tetap bekerja saat power PLN atau Genset tidak aktif atau breakdown. Tidak berfungsinya interface module DC ini akan berdampak tidak berfungsinya semua perangkat sistem fire alarm. Interface card dengan sistem proteksi instalasinya menjadi hal yang sangat penting. Kesalahan dalam pembuatan sistem kontrol proteksi pada sistem power suplai DC juga  bisa berdampak pada kerusakan fatal beberapa modul  sensor dan CPU motherboard. Dan dari pengalaman di lapangan, kerusakan panel MCFA sulit untuk dilakukan perbaikan dengan cara repair card nya. Kalaupun bisa dilakukan tidak akan bertahan lama. Kerusakan tidak hanya kemudian di repair kemudian jadi normal kembali, tetapi lebih baik kalau diberikan sistem proteksi / pengaman sistem fire alarm. Jadi kita sekarang sudah mendapat gambaran kenapa card module dalam panel MCFA seringkali rusak.

http://alfaperkasaengineering.com/gas_monitoring.htm

Kembali ke soal pengaman tegangan dan grounding. Salah satu kelemahan instalasi fire alarm yang sering dilupakan adalah sistem pengaman dari dampak short circuit dan tegangan transient atau tegangan lebih. Bagaimana ini bisa terjadi ? OK. Saya akan sedikit berbagi untuk masalah ini. Disadari atau tidak proteksi fire alarm jarang sekali jadi perhatian. Kenapa ? Memang. kadang tindakan buru-buru mejadi kendala atau sedikitnya pemahaman teknis instalasi dan sistem pengaman. Bukankah kita selama ini dibekali dengan pengalaman kalau semua sistem instalasi perlu sistem pengaman. Jadi kenapa tidak melakukannya pada sistem "electronic" fire alarm yang sangat peka dan cepat rusak saat proteksi ini tidak dipasang.


kerusakan card fire alarm dan solusinyaSocialTwist Tell-a-Friend

1 comment:

Konstruksi, Desain, Otomatisasi said...

Pak Jaka,

Pak Jaka,
Sistem fire alarm kami mengalami kerusakan, sebagai gambaran kami masih mengunakan sistem konvensional non addresible dengan control merk HongChang 20 zone. Waktu itu sistem ini tersambar petir, dan kami sdh lakukan penggantian namun sampai sekarang masih belum bisa total 100%.
Sebagai gambaran saya lampiran denah bangunan kami.
Kami ingin melakukan perbaikan sekalian pengembangan sistem apakah sdr punya solusi ? seperti mengunakan komputer sebagai control.

Terimakasih .

Berikut tanggapan untuk kasus tersebut : ....
Kami sangat memahami kesulitan fire alarm yang bapak alami.Namun kami tidak bisa menjelaskan secara detail tingkat kerusakan apa yang bapak alami, dan bagaimana menjelaskan solusinya.

Ada beberapa kerusakan yang bisa diakibatkan oleh dampak petir.
Mungkin ini beberapa kerusakan yang bisa terjadi.

1. card motherboard.
kerusakan ini sangat sulit diperbaiki, karena sekali motherboard rusak, maka harus diganti. Untuk mengeceknya, cukup dengan memastikan ada tidaknya tegangan drop pada input motherboard. Jika drop, maka pasti rusak.

2. Card power suplay.
kerusakan card ini terjadi jika proteksi tegangan input tidak mampu mencegah tegangan lebih saat kena petir. Tapi setahu pengalaman saya, cards yang terkena petir, sangat sulit untuk direpair.

3. Input cards dan relay output card.
Untuk memastikan kerusakan pada cards ini, silahkan cek respon relay output dengan menggunakan teknik dummy. atau melakukan simulasi input output.
4. Kesalahan dan kerusakan Sistem Proteksi atau grounding.
Untuk memastikan bahwa sistem grouding dan proteksinta bermasalah, lakukan pengecekan pada zona detector. Jika beberapa cards zone terkena masalah, maka sistem grounding dipastikan bermasalah.

Melihat kesulitan tersebut, saya menganjurkan untuk mengganti dengan cards baru.
Silahkan bapak kirimkan ke saya keluhan-keluhannya. namun jika kemungkinan masih ada kepentingan lain seperti penambahan sistem alarm baru, kami siap untuk mendesain sistem alarm baru dengan menggunakan komputer.

Untuk itu kami mohon dikirimkan file gambar dan data lengkap zone, sensor atau sistem instalasi existing untuk kemudian kami desain sistem baru. Artinya, sensor dan kabel masih dengan sistem lama. Yang kami rubah adalah panel MCFA nya digantikan dengan sistem komputer. Silahkan menghubungi kami untuk lebih jelasnya.

Terimakasih sebelumnya. Semoga bisa membantu.