Friday, January 30, 2015

Sistem Kendali Jarak Jauh / telemetry Pada Pompa



Sistem kendali informasi pompa jarak jauh untuk PDAM merupakan salah satu tuntutan untuk mendapatkan solusi masalah jarak pompa  yang agak jauh dari pusat pengendali. Dengan jumlah pompa yang cukup lumayan banyak, diperlukan instalasi dan komunikasi jarak jauh dari pusat kendali ke titik lokasi pompa. Demikian juga berlaku untuk stasiun pengendali lingkungan atau water treament. Apabila instalasi kabel dilakukan, maka akan banyak masalah dari pembuatan jalur kabel dan suplai listrik yang selalu tidak tersedia.

Mengingat beberapa pompa memang diletakkan dekat dengan sumber air ( sungai atau waduk ). Demikian juga sensor pengendali lingkungan maka pengendalian harus menggunakan teknik kendali jarak jauh atau telemetry.


 Pengendalian jarak jauh dapat menggunakan beberapa media komunikasi yang diantaranya menggunakan internet, gelombang frekwensi radio, atau menggunakan sinyal CDMA atau GSM. Berikut salah satu surat yang saya terima beberapa waktu lalu ke email saya soal telemetry pada pompa PDAM. 

 

Dari surat itu, ada beberapa permintaan yang bisa saya tuliskan agar persoalan telemetry menjadi semakin jelas buat kita semua termasuk saya pribadi. Biasanya beberapa permintaan dari user menginginkan beberapa point dalam hal :

1. Sistem kendali jarak jauh dengan menggunakan komputer yang secara real time / langsung menggambarkan aktivitas pompa dan data informasi yang terjadi.  Tentunya sistem kendali bisa berupa status pompa, data problem panel dan pompa, serta beberapa informasi data analog dan digital dari mesin diesel pump yang aktif dan tidak aktif.

2. Informasi real time kejadian harian dari beberapa besaran pengukuran listrik termasuk, overheat, overcurrent, ataupun sekedar mengetahui status trip atau overload pada pompa.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyelesaikan masalah ini. ??
1. Pilih perangkat yang murah yang penting berfungsi sesuai keinginan. Mengingat beberapa produk yang pernah saya pakai  cukup tinggi biayanya untuk dibandingkan dengan investasinya.  Perangkat yang berfungsi sebagai pengirim  data dan penerima data sekaligus. Dan jika ini masih relatif mahal tentukan part yang berfungsi sebagai pengirim data saja atau penerima data saja.

2. Pelajari konfigurasi sistem kontrol panel yang sdh ada dan tentukan modifikasi mana saja yang harus dilakukan. Tentukan wiring panel yang akan kita konek atau sambung dengan beberapa modul yang akan dipakai.  Konfigurasi merupakan langkah penting untuk menentukan bagaimana sistem komunikasi data akan bekerja dan berpengaruh pada kinerja produk yang dipilih dan wiring panel dan tingkat kesulitan saat mengerjakannya.

3. Tentukan sistem komunikasi data yang akan dipakai. Tingkat kekuatan sinyal, lokasi dan sumber daya lainnya di lokasi haruslah dipertimbangkan.

Ada beberapa produk yang telah saya bahas sebelumnya untuk bisa dipakai. Coba klik disini ..

Semoga bisa bermanfaat  dan menjadi bahasan yang bisa bermanfaat kemudian hari.

Bersambung ... !!!!
.

Sistem Kendali Jarak Jauh / telemetry Pada Pompa SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: