Saturday, September 6, 2014

tips menerima pekerjaan instalasi panel

Instalasi panel untuk aplikasi mesin diesel dengan dinamo starter sebagai penggerak awal mutlak memerlukan kerapian, dan standart instalasi. Sebagai contoh, akibat buruknya instalasi akan berdampak pada terbakarnya dinamo. Berikut yang saya ambil dari beberapa kasus lapangan.
1. Tidak semua panel yang dibuat mempunyai standart instalasi panel yang memadai.  Hal ini akan mempengaruhi kerapian dan keamanan wiring panel dan kemudahan dalam troubleshooting.
2. Tidak semua teknisi memiliki pengalaman dilapangan sehingga pembuatan panel instalasi kadang tidak memperhatikan standart keamanan, kerapian dan kemudahan troubleshooting.  Teknisi dalam hal ini kadang mensahkan instalasinya layak jalan meski dengan harga yang murah.

3. Tidak semua teknisi memiliki pengalaman proyek lapangan yang memadai sehingga pembuatan panel cenderung tidak memperhatikan efek dari getaran mesin, posisi panel, temperatur lingkungan. Sehingga pembuatan panel cenderung mengabaikan dampak dampak  lingkungan seperti itu.
4. Tidak semua teknisi memahami sistem kerja dari unit yang akan dikontrol sehingga berdampak pada kurangnya  standart keamanan panel instalasi yang dibuat.

Dampak dari keburukan instalasi yang dibuat, berikut beberapa saran yang bisa dipertimbangkan dalam memilih instalatir / teknisi yang tepat dan menguntungkan.
1. Jika saya dan anda menerima pekerjaan instalasi panel , pastikan anda mempunyai gambaran user atau owner yang akan memberi pekerjaan ke anda. Perhatikan apakah ada tenaga lapangan dan teknisi yang memadai dari mereka. Tentu anda dan saya tidak akan menempuh resiko buruk dengan kekurangan / ketidaksiapan user mensupport tenaga lapangan yang memberi anda pekerjaan pembuatan panel. Anda tidak akan menerima pekerjaan dimana kesiapan tenaga lapangan dan skill mereka yang kurang memadai. Ingatlah bahwa timbulnya complain selalu muncul dari ketidaksiapan dan ketidakmampuan ini.
2. Jika anda dan saya menerima pekerjaan instalasi, pastikan sistem instalasi yang diinginkan user sudah dipikirkan dan dibua oleh pihak mereka dan diketahui oleh beberapa pihak terkait. Anda dan saya tidak ingin menerima masalah akibat tidak matangnya koordinasi dan rancangan sistem yang akan dibuat.

dan ada banyak lain yang tidak bisa dituliskan satu persatu.
Sebagai contoh kasus nyata dilapangan yang bisa saya tuliskan berikut . Berikut fakta dan terjadi di lapangan. ( menyangkut pembuatan panel instalasi mesin diesel )

1. Tidak cukupnya pengalaman lapangan sehingga, panel instalasi diesel  tidak memiliki circuit breaker / pemutus power. Dan tidak memiliki pengkabelan yang baik.
2. Panel instalasi tidak dilengkapi dengan pengaman dinamo starter terhadap short circuit atau hubungan pendek. Resiko terbakarkan dinamostarter sering terjadi.
3. Panel tidak dilengkapi dengan penahan getaran dan bahkan beberapa panel sering dipasang pada dudukan mesin diesel. Dampak getaran tinggi pada panel akan mempercepat kerusakan socket dan berdampak terbakarnya peralatan listrik.

Oleh karena itu sebagai sesama instalatir panel dan kontrol, hendaknya saya dan anda bsia memberikan yang terbaik. Berlatih dan berlatih serta memberikan pelayan dan mutu yang baik mudah2an bisa menambah kepercayaan dan memperpanjang pekerjaan di lapangan. Latihan dan melatih tenaga lapangan adalah aset yang mahal dan perlu terus ditingkatkan. 

Semoga bermanfaat !!!
tips menerima pekerjaan instalasi panelSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: