Tuesday, July 3, 2012

Fully Automated of Paragon Hotel Solo


Solo Paragon hotel terletak di pusat kota Solo yang terkenal dengan pusat keramaiannya. Nikmati semua kenyamanan dari 237 buah kamar yang baru saja diperbaharui guna menambah kenyamanan tidur Anda. Hotel dengan kemudahan akses kemana pun Anda ingin beraktifitas, pusat bisnis, atraksi budaya, pusat perbelanjaan di salah satu sejarah tua Jawa Royal Heritage. Solo Paragon memiliki 237 kamar hotel, termasuk di dalamnya pilihan king bed atau twin bed Superior 97 unit, Deluxe 109 unit.

Menurut Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No KM.3/HK.001/MKP.02 tentang penggolongan kelas hotel, hotel Paragon dapat digolongkan dalam kelas hotel berbintang 4. Merupakan tugas - tanggung jawab management Paragon  untuk menyediakan  kelayakan teknis operasional. Salah satunya adalah kelayakan teknis instalasi atau peralatan yang digunakan hotel, antara lain: lift dan instalasi listrik.

Kelayakan teknis  meliputi instalasi air, gas, listrik dan limbah dengan support perangkat yang memadai telah dilakukan oleh banyak hotel.  Sementara itu ketersediaan bangunan gedung yang "fully automated" tentunya menjadi salah satu bentuk pilihan management hotel. Ketersediaan panel alarm kebakaran di banyak hotel  dengan menggunakan master control fire alarm tentunya tidak lagi menjadi pilihan terbaik dibanding jika menggunakan sistem komputerisasi yang telah berkembang dewasa ini. Apalagi jika dikaitkan dengan sistem informasi titik kebakaran ruang / kamar, maka informasi real kebakaran haruslah ditampilkan dan dilaporkan secara addressable, cepat ke pihak engineering  melalui layar komputer. Dimana data waktu kejadian, titik awal kebakaran secara cepat diterima oleh petugas ruang kontrol.

Sistem fully automated dengan penggunaan perangkat komputer dan software sekarang ini  menjadi pertimbangan  kecepatan informasi titik awal kebakaran . Selain biaya yang murah  yaitu minimal  50 juta untuk  8 mesin unit AHU maka sistem start stop mesin AHU sudah bisa bekerja secara otomatis .  Sistem  informasi kebocoran gas ruang dapur  hotel juga harus menjadi pertimbangan kecepatan informasi kebocoran gas.. Sistem fully automated merupakan penggabungan sistem hardware ( detektor, fire alarm, flow switch, alarm bel dsb ) dan software HMI SCADA yang merupakan program tampilan / lay out plan serta program otomatisasi yang mengolah data lapangan berupa status detektor, sensor switch lift, gas detector untuk diolah sebagai perintah yang akan menggerakkan bell alarm, pompa diesel air, jocky pump atau mematikan main breaker panel pada panel room.  Sistem fully automated juga seharusnya diterapkan pada sistem pengendalian temperatur dari unit pendingin AHU sehingga memperkecil biaya listrik.

Investasi secara komputerisasi fully automated bisa dilakukan secara bertahap. Untuk pengenalan bisa diterapkan terlebih dahulu untuk  unit pendingin terlebih dahulu. barulah kemudian kearah tahap kedua untuk sistem penerangan dan seterusnya. Semoga bermanfaat !!!

Fully Automated of Paragon Hotel SoloSocialTwist Tell-a-Friend

1 comment:

Mas GunKlaten Berbagi said...

artikel yang bermanfaat,,, kunjungi juga pegipegi.com : booking hotel murah & mudah di indonesia,.. saya akan sering-sering mengunjungi blog ini untuk update selanjutnya,terimakasih,...