Monday, February 22, 2010

9 Daftar Permasalahan Jasa Instalatir tergolong "Mahal" dan Solusinya

Munculnya sector jasa Kursus Instalasi baik besar atapun Privat telah mendapat tanggapan positif dari kalangan masyarakat yang menginginkan bisnis dan keahlian instalasi. Data peminat instalasi baik untuk bidang Pembangkit Generator dan instalasi sector komersial dan industri telah bertambah dengan baik dan menciptakan pertumuhan ekonomi baru bagi beberapa kalangan. Dan memunculkan bisnis baru, dengan sejumlah kendala dan permasalahan :

Setidaknya saya menemukan 9 permasalahan yang muncul dalam bisnis instalasi atau pengetahuan instalasi tentang bagaimanan sebenarnya instalasi diantaranya :

1. Tidak tersedianya Sarana dan Prasarana baik software ataupun hardware yang memadai dalam mendidik peminat jasa instalasi ataupun pembuat panel baik alat peraga untuk mandapatkan pengalaman parakteknya, tempat kursus yang memadai dan sediktnya pengajar dari kaum praktisi yang belum mau atau bahkan belum melihat peluang ini, terbatasnya anggaran peminat kursus juga menjadi masalah.

2. Beberapa orang memang tidak terdidik dalam bidang instalasi, bahkan mereka tidak banyak tahu rumus-rumus praktis bagaimana membuat usaha bidang instalasi.

3. Sangat minimnya informasi teknis / praktis yang tersedia di internet bahkan yang secara singkat dapat menggambarkan kebutuhan dan keperluan peminta kursus dalam bidang intalasi.

4. Tidak tersediannya gambar fisik alat, panel listrik, kabel, mesin, tools, permasalahan instalasi
yang membantu mereka.

5. Minimnya informasi online tentang jasa kursus di Indonesia. Bahkan kebanyakan kurang memperhatikan fungsi dan efektifitas penggunaan internet.

6. Sangat terbatasnya informasi dari buku-buku yang dijual di pasaran yang memberikan materi praktis aplikasi dalam sector industri, komersial. Bahkan kebanyakan bersifat teori atau dasar-dasar instalasi.

7. Kesulitan ekonomi yang berujung pada cara mendapatkan uang dengan cara cepat tanpa mengikuti kursus yang membutuhkan biaya tidak kurang dari 800 ribu satu bulan HANYA untuk satu materi kursus saja. Bahkan sulitnya mencari bisnis instalasi meskipun telah mengikuti kursus.

8. Banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan seorang instalatir, baik relasi, modal usaha, marketing, kemampuan bisnis yang tidak sedikit.

9. Biaya yang cukup mahal untuk menjadikan seseorang memahami instalasi dan mengajar secara praktek dan membutuhkan system pengajaran yang tidak sederhana.

E-book merupakan jawaban permasalahan bagi siapa saja yang mengalami kesulitan modal, sarana dan prasarana untuk bisnis jasa instalasi. Namun berkeinginan besar untuk bisnis instalasi dengan cara praktis namun bisa jadi menghasilkan secara maksimal.
9 Daftar Permasalahan Jasa Instalatir tergolong "Mahal" dan SolusinyaSocialTwist Tell-a-Friend

2 comments:

Lulus Sutopo said...

Terimakasih sharingnya..
Salam kenal dan sukses selalu

Bunga Papan said...

Pusing juga ya bisnis instalasi jika kita tidak terlalu ahli. Keahlian memang wajib hukumnya dalam memberi layanan jasa kepada publik, karena keahlian kita yang sesungguhnya yang bisa dihargai dan diterima oleh khalayak banyak.